Usai Kampus Kedokteran, KPK Geledah Dua Rumah Rektor Unila

Usai Kampus Kedokteran, KPK Geledah Dua Rumah Rektor Unila

Tim penyidik KPK usai melakukan penggeledehan di Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila). -Dian Hadiyatna-Antara

(BACA JUGA:Rektor Unila Ditangkap KPK, Muhammadiyah: Memalukan Bagi Dunia Pendidikan! )

"Ya, dari pagi tadi memang terlihat sejumlah mobil masuk ke dalam rumah mewah itu, ada juga yang keluar," kata Ansori, salah seorang warga setempat dilansir Antara.

Ia mengatakan rumah besar dan mewah tersebut berdiri di atas tanah yang memiliki luas sekitar 1.100 meter persegi yang dibelinya pada tahun 2019.

"Setahu saya dibeli tahun 2019, pembangunan rumah di tahun 2022 dan 2022 jadi. Kemudian di bulan Juli di tahun 2022 baru di tempati," ucap dia.

(BACA JUGA:Rektor Karomani Terjaring OTT KPK, Unila Bersikap: Kami Pastikan Beri Bantuan Hukum)

(BACA JUGA: Terbongkar, Rektor Unila Pasang Tarif Rp100 Juta-Rp350 Juta Bagi Mahasiswa Baru Masuk Unila)

Pada Senin (22/4) KPK telah melakukan penggeledahan Gedung Rektorat Universitas Lampung (Unila). Selasa (23/8) telah melakukan penggeledahan di tiga Fakultas yakni FKIP, Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran.

KPK telah menetapkan Rektor Unila Prof Karomani, Wakil Rektor I Bidang Akademik Heriyandi, Ketua Senat M Basri dan Andi Desfiandi sebagai tersangka kasus dugaan suap penerimaan calon mahasiswa baru di Universitas Lampung pada 2022.

(BACA JUGA:Rektornya Terjaring OTT KPK, Unila: Kita Hormati dan Kita Akan Perbaiki Sistem Penerimaan Mahasiswa)

(BACA JUGA:KPK: Kasus Suap Rektor Unila Karomani dalam Seleksi Mandiri Coreng Dunia Pendidikan)

Harta kekayaan Rektor Universitas Lampung, Prof Karomani, yang dirilis oleh KPK di laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2021 yang dilaporkan Maret 2022 memiliki total harta mencapai Rp3,18 miliar.

Total harta kekayaan Karomani tersebut terdiri dari tanah dan bangunan sebesar Rp874,31 juta, alat transportasi dan mesin Rp103 juta dan harta bergerak lainnya Rp91,1 juta.

(BACA JUGA:KPK Ungkap Kronologi OTT Rektor Unila Karomani Cs hingga Amankan Safe Deposit Box Rp 1,4 M)

(BACA JUGA:OTT Rektor Unila Karomani KPK Tangkap Delapan Orang, Amankan Barang Bukti Sejumlah Uang dan Catatan Keuangan)

Kemudian, kas dan setara kas senilai Rp2,59 miliar, dengan utang yang dimiliki oleh Rektor Unila tersebut sebesar Rp476,86 juta. Sehingga total harta kekayaan Prof. Karomani ialah sebesar Rp3,18 miliar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: