Ini Alasan Pemudik Pilih Pulang Kampung di Hari Kedua Lebaran

Ini Alasan Pemudik Pilih Pulang Kampung di Hari Kedua Lebaran

Pemudik tampak ramai di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 11 April 2024.-FIN/Sabrina Hutajulu/Disway Group-

FIN.CO.ID - Hari kedua mudik Lebaran atau Kamis 11 April 2024, kepadatan arus mudik masih tampak di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Pemudik masih terlihat ramai di area Hall Selatan keberangkatan dengan sejumlah barang bawaan mereka.

Rini, salah seorang pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya di Cirebon, Jawa Barat, mengaku sengaja mudik di hari kedua Lebaran. Dirinya juga tidak sendiri melainkan mengajak suami dan anaknya ke Cirebon.

BACA JUGA:

"Pingin saja sih H+1 Lebaran pulangnya," ucap Rini saat ditemui di lokasi.

Selain itu, kata Rini, mudik pada H+1 Lebaran dirasa tepat. Alasannya, kata dia, dirasa tidak terlalu ramai seperti menjelang Lebaran.

"Waktu war tiketnya itu memang agak susah ya, sejam baru dapet dari jam 12 malam," ujarnya.

Untuk keberangkatan H+1, Rini mendapat tiket seharga Rp170.000. Menurut dia, harga segitu masih standar.

"Standar sih segitunya, enggak mahal dan enggak murah juga," ujarnya.

Selain Rini, ada pula Yongki yang akan mudik ke Bandung, Jawa Barat, menggunakan kereta Argo Parahyangan. Yongki mengatakan, ia lebih memilih H+1 Lebaran karena ingin lebih dekat dengan keluarga.

"Kalau pas Lebaran itu kan rumah rame banget mba, jadi pas hari kedua Lebaran pulang rumah mulai sepi, nah di situ bisa lebih dekat sama keluarga," katanya.

Sekadar diketahui, Stasiun Gambir pada periode angkutan Lebaran menyambut 271.208 pemudik. Ini menjadikan Stasiun Gambir menjadi Stasiun paling padat kedua setelah Stasiun Pasar Senen dengan jumlah pemudik sebanyak 524.776 pada masa angkutan Lebaran.

Adapun prediksi arus balik terjadi pada H+3 atau Sabtu 13 April 2024. Hal ini berdasarkan penjualan tiket pada tanggal tersebut yakni terjual sebanyak 163.637 tiket.

Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko secara keseluruhan tiket yang terjual dengan keberangkatan Stasiun Gambir mencapai 234.064 tiket dengan 40 perjalanan jarak jauh per harinya.

"Angka-angka tersebut, masih berkemungkinan berubah mengingat penjualan secara online maupun goshow masih berlangsung sampai dengan jadwal keberangkatan," ucap kata Ixfan melalui keterangan tertulisnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: