Surat Kemenko Marves Bocor! Iuran Pariwisata Akan Dibebankan pada Harga Tiket Pesawat, Ide Siapa Ini?

Surat Kemenko Marves Bocor! Iuran Pariwisata Akan Dibebankan pada Harga Tiket Pesawat, Ide Siapa Ini?

Iuran Pariwisata Akan Dibebankan pada Harga Tiket Pesawat-fin/@alvinlie21-X Twitter

FIN.CO.ID - Pemerintah disebut-sebut akan membebankan iuran pariwisata untuk dititipkan pada harga tiket pesawat. 

Hal ini terungkap dari surat undangan dengan kop Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI. 

Adalah pemerhati penerbangan, Alvin Lie yang mengunggah undangan rapat pengenaan iuran pariwisata melalui tiket penerbangan ke media sosial X miliknya. 

"Ada Menteri yg gemar teriak bhw Harga Tiket Pesawat Mahal. Menghambat pariwisata. Sekarang pemerintah malah akan bebankan Iuran Pariwisata utk dititipkan pada harga tiket pesawat. Konsumen taunya harga tiket yg naik. Padahal uangnya bukan ke airline," tulis Alvin Lie seperti dikutip pada Minggu, 21 April 2024.

Tak hanya itu, Alvin Lie juga mengunggah foto surat undangan tersebut. Menurutnya, undangan tersebut ditampilkan karena sifatnya biasa, bukan rahasia.

BACA JUGA:

"Melengkapi unggahan saya kemarin, untuk menunjukkan bahwa saya tidak mengada-ada & agar tidak terjadi dugaan yg mboten-mboten alias fitnah, berikut saya tampilkan halaman pertama Undangan Rapat Koordinasi Pembahasan Rancangan Peraturan Presiden Dana Pariwisata Berkelanjutan dengan agenda Pengenaan Iuran Pariwisata Melalu Tiket Penerbangan," paparnya. 

Undangan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI yang diunggah Alvin Lie tersebut bernomor -35/D5.3/PE.03.00/IV/2024 tertanggal 20 April 2024. 

Sifat surat berklasifikasi biasa. Perihal undangan adalah rapat koordinasi pembahasan Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) Dana Pariwisata berkelanjutan.

Sesuai surat undangan itu, rapat digelar pada Rabu 24 April 2024 pukul 09.00 - 11 WIB di ruang rapat lantai 13 Kemenko Marves di Jl MH Thamrin No 8 Jakarta Pusat. 

Sementara agenda rapat adalah pengenaan iuran pariwisata melalui tiket penerbangan. Rapat tersebut dipimpin oleh Plt Asisten Deputi Akses Permodalan Parekraf Tahyanto Abdillah.

Surat undangan tersebut juga ditandatangani secara elektronik oleh Tahyanto Abdillah ini ditembuskan kepada Deputi bidang koordinasi pariwisata dan ekonomi kreatif.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: