Puncak Arus Mudik Lebaran Sudah Lewat, Pemkot Bekasi Catat 55 Persen Warganya Pulang Kampung

Puncak Arus Mudik Lebaran Sudah Lewat, Pemkot Bekasi Catat 55 Persen Warganya Pulang Kampung

Situasi Jalan Raya Kalimalang Bekasi mulai dipadati pemudik sepeda motor-(Tuahta Aldo / fin.co.id)-

FIN.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyatakan, sebanyak 50 persen warga Kota Bekasi telah mudik ke kampung halaman periode Idul Fitri 1445 H.

Penjabat (PJ) Walikota Bekasi, Raden Gani Muhammad mengatakan, sebanyak 46 ribu kendaraan tercatat telah keluar dari wilayah Kota Bekasi.

"Dari hasil monitoring bersama Forkopimda, hari ini arus mudik sudah lebih landai dan kita pantau puncaknya itu terjadi pada Jumat malam Sabtu," kata Gani Muhammad saat dikutip, Senin 5 April 2024.

Menurutnya, Pemkot Bekasi tetap menyiagakan seluruh anggota gabungan di lapangan meski puncak arus mudik lebaran 2024 telah lewat.

"Kalo potensi pasti ada dan kami juga tetap siaga ya untuk hal tersebut," jelasnya.

Seluruh petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Polres, Kodim, BNPB dan Dinas Kesehatan di pos pelayanan dan pos pengamanan wilayah Kota Bekasi.

BACA JUGA :

"kita semua standby di posko pengerahan anggota untuk mentralisir membantu mengurai kendaraan tersebut," ucapnya.

Terpisah Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Yugi Bayu Hendarto mengungkapkan, arus lalu lintas pemudik di wilayahnya akan semakin melonjak.

"Terpantau ada kepadatan arus dari arah sumber artha Kalimalang, karena dia dari Jakarta masuk Bekasi Kota menumpuk di situ, kemudian menumpuk lagi di seputaran Unisma sampai ke arah tongyang," ungkap Yugi Bayu Hendarto.

Nantinya petugas akan melakukan rekayasa arus lalu lintas, apabila kembali terjadi penumpukan pemudik pada malam hari ini yang mengarah Pantura.

"Kami buka lampu merahnya, kami bikin manual. anggota yang ada di situ kita bikin jalur mudik di utamakan, misalnya yang mau ke arah tongyang kita tarik tiga kali, sisi sebelah kanan kirinya cuma sekali," tuturnya.

Ia mengimbau kepada para seluruh pemudik, untuk selalu mengutamakan keselamatan dan mengecek kendaraan ebih dulu sebelum berangkat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: