Diharapkan Memenuhi Syarat, Tidak Ada Operasi Yustisi Pendatang Baru Usai Lebaran di Jakarta

Diharapkan Memenuhi Syarat, Tidak Ada Operasi Yustisi Pendatang Baru Usai Lebaran di Jakarta

Pemudik tampak ramai di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 11 April 2024.-FIN/Sabrina Hutajulu/Disway Group-

FIN.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta memastikan tidak ada Operasi Yustisi, usai lebaran Idul fitri 2024.

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaluddin mengatakan, semua orang berhak datang namun memenuhi persyaratan dalam proses pendataan.

“Kita tetap tidak ada proses untuk yustisi tidak adai, siapapun sebenarnya bisa berhak untuk datang ke Jakarta. Selain jaminan tempat tinggal, pendatang baru juga diharapkan sudah punya jaminan pekerjaan dan juga secara sadar melengkapi dengan keterampilan sehingga pas mereka datang sama-sama kita membangun DKI Jakarta,” kata Budi Awaluddin saat dikutip, Kamis 18 April 2024.

Menurutnya, pendatang baru ke Jakarta diminta telah memiliki tempat tinggal atau pekerjaan jelas didukung dengan keterampilan pribadi yang mumpuni.

Perpindahan penduduk umumnya terjadi dalam periode mudik lebaran, karena banyak warga yang mudik membawa saudaranya saat kembali ke Jakarta.

BACA JUGA :

“Kita akan melakukan pendataan ini satu bulan untuk proses mereka yang datang ke sini, apakah membawa keluarganya dan langsung melakukan proses pindah atau datang," jelasnya.

Budi Awaluddin memprediksi, pendatang baru dari luar kota ke Jakarta usai Lebaran tahun 2024 berkurang bila dibandingkan data tahun 2023 lalu.

“Prediksinya, tahun ini berkurang karena melihat data pendatang tahun 2023 juga berkurang. Dan tren Januari sampai Maret yang datang ke Jakarta itu juga berkurang. Kami memprediksi tahun ini untuk yang arus balik mudik sekitar 10.000 sampai 15.000. Kalau kemarin di angka 20 sampai 25 ribuan,” ucapnya.

Pergerakan data kependudukan secara online, dapat dipantau melalui website Dariku Untukmu atau https://kependudukancapil.jakarta.go.id/tematik_datang/.

Dalam website resmi tersebut, dapat dilihat secara langsung jumlahnya pendatang per hari di Kota Jakarta usai periode mudik lebaran 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: