Titik Api Dipastikan Sudah Padam, Pangdam Jaya Himbau Masyarakat Tidak Khawatir

Titik Api Dipastikan Sudah Padam, Pangdam Jaya Himbau Masyarakat Tidak Khawatir

Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Mohamad Hasan-(Tuahta Aldo / fin.co.id)-

FIN.CO.ID - Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Mohamad Hasan, memastikan api yang berkobar di Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya kini telah padam.

Berdasarkan pantauan fin.co.id di lokasi, sekitar pukul 02.00 WIB pagi nampak petugas Damkar mulai memasuki area gudang menggunakan robot.

"Pukul 03.45 WIB tadi, dapat kita pastikan titik api sudah dipadamkan. Namun hingga saat ini masih kita lakukan pendinginan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya dampak lain yang kita tidak inginkan," ungkap Mohamad Hasan di lokasi, Minggu 31 Maret 2024.

Usai dipastikan api telah padam, pihaknya menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk tidak khawatir dengan adanya ledakan susulan yang akan terjadi.

BACA JUGA :

"Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di sekitar lokasi ini untuk tenang dan tidak khawatir lagi, karena kita nilai dampaknya ini sudah tidak menimbulkan ledakan lagi," jelasnya.

Kini pihaknya telah menyiagakan prajurit untuk menjaga area pemukiman warga, untuk memastikan apabila masih ditemukan amunisi yang terpental saat ledakan terjadi.

"Kami akan melakukan penyisiran hingga hari ini, dan aparat kita masih bekerja hingga pagi untuk melakukan penyisiran dan pembersihan," ucapnya.

Dalam pemadaman Gudang Peluru Kodam Jaya, diturunkan puluhan unit truk damkar tim gabungan dari Damkar DKI Jakarta, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bogor.

BACA JUGA :

Terpisah, Damkar menetapkan status kebakaran di Gudmurah Kodam Jaya sudah padam, usai menjalani proses pendinginan yang panjang.

“Proses pendinginan kita selesaikan tadi ditutup sekitar pukul 8.15 WIB, ya, kita nyatakan selesai karena memang titik api yang dari semalam tadi pagi pun sampai masih di angka 85 derajat,” kata Kasi Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jaktim, Gatot Sulaeman, kepada wartawan di lokasi.

Total 140 petugas Damkar diturunkan, yang tergabung dari wilayah Jakarta Selatan 5 unit, Jakarta Timur 8 unit, Kabupaten Bogor 7 unit, serta bantuan Kota Bogor dan Kota Bekasi.

Usai dipastikan api telah padam dan situasi gudang telah aman, Damkar juga menarik 2 unit robot DOK-ING dan LUF 60, yang sebelumnya digunakan untuk pemadaman.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: