Momen Haru di Pulau Terluar Meatimiarang, Mahfud MD dan Tito Beserta Penduduk Nyanyikan Indonesia Pusaka

Momen Haru di Pulau Terluar Meatimiarang, Mahfud MD dan Tito Beserta Penduduk Nyanyikan Indonesia Pusaka

(ki-ka) Gubernur Maluku Murad Ismail, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, dan Bupati MBD Benyamin Thomas Noach saat tiba di Pulau Meatimiaranh, Kamis, 15 Juni 2023-Humas BNPP-

Momen Haru di Pulau Terluar Meatimiarang, Mahfud MD dan Tito Beserta Penduduk Nyanyikan Indonesia Pusaka - Suasana penuh haru saat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tiba di Pulau Meatimiarang, Maluku Barat Daya (MBD).

 

Kedatangan Mahfud MD yang juga Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama Tito, selaku Kepala BNPP disambut penduduk setempat dengan penuh kehangatan.

 

Menko Mahfud dan Menteri Tito menjejak kaki di pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan perairan Timor Leste dan Australia tersebut, Kamis, 15 Juni 2023, tepat pukul 11.00 WIT.

 

Menko Mahfud pun kemudian mengajak Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pamputer) dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama penduduk sekitar menyanyikan lagu "Indonesia Pusaka", karya Ismail Marzuki.

 

BACA JUGA:

Personel Satgas Pamputer yang berjumlah 18 orang dan Letda Wahyudi Syaiful Nasibu yang berjaga di pulau tersebut turut bernyanyi penuh haru. 

 

Beberapa masyarakat, tokoh adat dan pejabat pemerintah daerah yang hadir matanya berkaca-kaca, menahan air mata agar tak jatuh.

 

"Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya. Indonesia sejak dulu kala, tetap dipuja-puja bangsa. 

Di sana tempat lahir beta, dibuai dibesarkan bunda. Tempat berlindung di hari tua, sampai akhir menutup mata."

 

Menko Mahfud dalam kata sambutanya mengutarakan, tujuan kedatangan ke Pulau Meatimiarang agar negara tahu, setiap jengkal pulau dan setiap denyut kehidupan masyarakat pulau terpencil dan terluar. 

 

BACA JUGA:

Perjalanan ke Pulau Meatimiarang harus ditempuh dengan beberapa kali berganti pesawat dan helikopter.

 

"Alhamdulillah kami di sini datang ke sini , kepada seluruh prajurit TNI dan petugas yang bertugas di sini, supaya tetap berdisiplin jaga negara Indonesia dengan segala kemampuan kita yang ada. Saya berharap tetap di dalam semangat juang mempertahankan NKRI," tutur Menko Mahfud. 

 

Menko Mahfud juga menjelaskan, selain Satgas Pamputer, Pulau Meatimiarang saat ini dihuni 17 kepala keluarga (KK) dengan 72 jiwa. 

 

BACA JUGA:

Dirinya berharap, semua warga yang berada di pulau-pulau terpencil Indonesia punya peluang maju yang sama seperti warga yang berada di pulau lainnya. Seperti Pulau Jawa, Ibu Kota atau Ibu Kota Provinsi.

 

"Untuk masyarakat supaya tidak berkecil hati meskipun berada di pualu terluar, peluang maju tetap terbuka. Di Pulau Meatimiarang ini mari kita jaga dan cintai republik ini, manfaatkan kekayaan alamnya, manfaatkan peluang-peluang kemajuannya" ungkap Mahfud. 

 

"Kalwedo…” teriak Mahfud MD, yang merupakan salam persaudaraaan dan salam perdamaian yang mempersatukan semua komunitas adat dan budaya di MBD. 

 

BACA JUGA:

Menteri Tito juga turut memberikan kata sambutan dalam kunjungan tersebut. 

 

Ia merespons sejumlah curahan hati para warga yang meminta beberapa sarana dan prasarana dibangun termasuk dermaga. 

 

Menurut Menteri Tito, untuk pembangunan dermaga, survei Investigasi desain sudah selesai. Saat ini pembangunan dermaga tersebut tinggal proses lebih lanjut. 

 

"Tapi ada permintaan dan kebutuhan ril yang lain. Saya minta Pak Robert (Plh, Sekretaris BNPP) untuk diinventaris. Catatatnya diserahkan, kita ada program dari APBN dan APBD, dari pusat dan daerah atau kementerian dan lembaga terkait yang anggarannya kemudian diturunkan ke sini,” jelas Menteri Tito. 

 

BACA JUGA:

 

Kunjungan ke pulau kecil terluar Pulau Meatimiarang adalah salah satu agenda dalam pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2023. 

 

Dalam kunjungan tersebut, BNPP menyalurkan bantuan paket sembako, beberapa unit solar cell dan mesin genset kepada masyarakat dan Satgas Pamputer.

 

Kedatangan Menko Mahfud dan Menteri Tito di Pulau Meatimiarang, disambut dengan atraksi khas tarian adat Meatimiarang, dengan kostum penari 'lawra'. 

 

Dalam alunan instrumen musim perkusik tradisional 'tiwla' dan 'prai', Menko Mahfud dan Menteri Tito juga dikalungkan selendang 'wutulani' yang merupakan syal raja dan topi raja. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: