Pemerintah Bentuk Tim Kasus TPPO Magang ke Jerman

Pemerintah Bentuk Tim Kasus TPPO Magang ke Jerman

1.900 Mahasiswa Terindikasi Jadi Korban TPPO di Jerman-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Menko Polhukam Hadi Tjahjanto akan membentuk tim khusus (timsus) untuk menangani kasus Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan dalih magang ke Jerman. 

“Saya yakin dengan kerja keras dan kita juga akan beri dorongan agar bisa menyelesaikan masalah ini. Pasalnya kasus ini telah menimpa sejumlah mahasiswa,” kata Hadi Tjahjanto, Jumat 29 Maret 2024.

Dia menjelaskan pihaknya akan membentuk tim khusus untuk menangani kasus TPPO yang berkedok program magang ke Jerman. 

Pemerintah saat ini masih memeriksa kembali data perguruan tinggi yang mahasiswanya menjadi korban TPPO berdalih magang ke Jerman.

BACA JUGA:

“Pasti nanti kami bentuk tim khusus untuk menangani kasus dugaan TPPO yang berkedok program magang ke Jerman. Saya yakin dengan kerja keras dan kita juga akan beri dorongan agar bisa menyelesaikan masalah ini," jelas Hadi.

Perlu diketahui, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah mengkaji pemberian sanksi terhadap 33 perguruan tinggi yang terlibat TPPO. Terutama dalam modus program magang untuk mahasiswa ke Jerman (Ferien Job).

Kemendikbudristek juga menegaskan program ferien job tidak memenuhi kriteria kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hal ini diperjelas sejak 27 Oktober 2023 melalui Surat Edaran Dirjen Diktiristek.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: