Antisipasi Tinggi Muka Air Meningkat, Ini Langkah Antisipasi yang Dilakukan KP2C di Hulu Kali Bekasi

Antisipasi Tinggi Muka Air Meningkat, Ini Langkah Antisipasi yang Dilakukan KP2C di Hulu Kali Bekasi

Pemantauan tinggi permukaan air dilakukan sejak malam hari jelang tanggal 28 Desember 2022 (Ist)--

BEKASI, FIN.CO.ID -- Adanya prediksi cuaca badai dahsyat di wilayah Bekasi, Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) memberikan peringatan waspada kepada masyarakat.

Namun pihaknya menghimbau masyarakat Bekasi untuk tidak panik, meski terdapat prediksi badai dahsyat yang kabarnya akan terjadi hari ini.

BACA JUGA:Badai Dahsyat 28 Desember, BPBD Kota Bekasi Siagakan Seluruh Personel

Ketua KP2C Puarman mengatakan, pihaknya akan terus memberi informasi terbaru apabila Tinggi Muka Air meningkat imbas badai dhasyat.

"Bila ada potensi banjir, kami KP2C akan memberi peringatan dini dan sebaliknya, jika tidak ada info, berarti kondisi aman dan normal," kata Puarman, Rabu 28 Desember 2022.

Menurutnya, banjir yang terjadi di wilayah Bekasi mayoritas bukan disebabkan oleh hujan lokal melainkan terjadinya luapan air di hulu sungai.

Puarman menegaskan, semua petugas dan kamera pengawas telah disiagakan untuk memantau kenaikan permukaan air kali di Bekasi.

BACA JUGA:Dear Warga Bekasi, BPBD Keluarkan Peringatan Badai Dahsyat 28 Desember

Pengetatan pengawasan ini dilakukan sebagai bentuk persiapan dan peringatan dini bila terjadi banjir imbas badai dahsyat yang diprediksi akan terjadi.

"Jika memang ada kenaikan TMA di hulu, kami akan mendeteksi 6-8 jam sebelumnya dan langsung akan menginformasikannya," ucapnya.

Sebelumnya Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin mengungkapkan, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi mengalami badai dahsyat.

"Siapapun Anda yg tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," cuit Erma, dilihat fin.co.id, Rabu 28 Desember 2022. 

BACA JUGA:Sempat Buron, Dua Spesialis Begal Motor di Kabupaten Bekasi Akhirnya Ditangkap

Ia menerangkan, Banten dan Jakarta sampai Bekasi akan menjadi lokasi sentral serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam hari pada tanggal 28 Desember 2022 hari ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: