Catat! Pendaftaran Seleksi Sekolah Kedinasan Dibuka Mulai Besok

Catat! Pendaftaran Seleksi Sekolah Kedinasan Dibuka Mulai Besok

Pendaftaran sekolah kedinasan dibuka--ist

FIN.CO.ID - Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) jalur Sekolah Kedinasan mulai dibuka pada Rabu, 15 Mei 2024.

Pendaftaran akan dibuka selama sebulan dan akan ditutup pada Kamis, 13 Juni 2024.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan pendaftaran akan dilakukan secara daring melalui situs web Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

"Insya-Allah pengumuman pendaftaran seleksi sekolah kedinasan ini akan dilakukan mulai tanggal 14 Mei 2024 dan peserta dapat mulai melakukan pendaftaran tanggal 15 Mei 2024 melalui portal SSCASN yang dimiliki oleh BKN," kata Haryomo dalam keterangannya, Selasa, 14 Mei 2024.

Ia menyebutkan pada tahun ini, pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mengalokasikan 3.445 formasi yang diikuti 8 Kementerian/Lembaga Sekolah Kedinasan.

BACA JUGA:

Sekolah kedinasan yang memberikan alokasi pada seleksi CASN 2024, yakni Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN BIN) sebanyak 400 formasi; Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN Kemendagri) sebanyak 721 formasi; Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) sebanyak 722 formasi.

Kemudian, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG BMKG) sebanyak 120 formasi; SIPENCATAR Kemenhub sebanyak 622 formasi; Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN BSSN) sebanyak 105 formasi; Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS BPS) sebanyak 355 formasi; dan POLTEKIP/POLTEKIM Kemenkumham sebanyak 400 formasi.

BKN telah melakukan sejumlah persiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk pelaksanaan seleksi, mulai dari kesiapan portal aplikasi SSCASN, mekanisme help desk untuk membantu pelamar, dan sistem aplikasi CAT BKN yang akan digunakan pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD.

Menurut Haryomo, tujuan penerimaan seleksi Sekolah Kedinasan tahun ini merekrut dan membuka kesempatan bagi talenta-talenta baru untuk memenuhi kebutuhan PNS yang mempunyai kompetensi spesifik di bidang pengelolaan keuangan dan kekayaan negara, statistisi, kepamongprajaan, keamanan siber dan persandian, keimigrasian dan pemasyarakatan, meterorologi, klimatologi dan geofisika, serta transportasi.

Dia juga juga mengingatkan calon pelamar agar waspada terhadap praktik penipuan atau percaloan yang kerap muncul saat penerimaan Sekolah Kedinasan.

BACA JUGA:

Calon pelamar juga diimbau untuk tidak coba-coba bertransaksi dengan oknum yang menjanjikan kelulusan karena setiap tahapan seleksi diumumkan secara terbuka kepada masyarakat.

"Jangan mudah percaya terhadap pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan menjadi mahasiswa atau taruna sekolah kedinasan. Proses seleksi dilakukan secara online dan tes dilaksanakan dengan CAT yang dipastikan transparan dan akuntabel," tegasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: