Menakar Peluang Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024

Menakar Peluang Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024

Ridwan Kamil usai resmi bergabung sebagai kader Partai Golkar dengan posisi Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan "co-chair" Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (18/1/20--

fin.co.id - Pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Profesor Lili Romli, mengatakan, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan berat jika bertarung dalam perebutan kursi Jakarta 1.

"Tergantung dari kompetitornya, jika kompetitornya asli tinggal di Jakarta dan memiliki basis yang kuat, tentu RK akan berat untuk meraih dukungan," katanya, Senin 13 Mei 2024.

Menurutnya, Ridwan Kamil memiliki kekuatan politik yang solid di Jawa Barat, yang telah dibangun sejak masa kepemimpinannya sebagai Wali Kota Bandung dan kemudian sebagai gubernur.

"Jadi lebih mudah dalam penggalangan dan kerja kerja politik serta melakukan sosialisasi," ucapnya.

BACA JUGA:PAN Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilgub DKI Jakarta, Golkar: Ridwan Kamil Kader Kami

Meskipun demikian, Romli menegaskan bahwa di Jakarta, RK harus memulai dari awal dalam memperkenalkan dirinya kepada masyarakat, meskipun namanya sudah cukup dikenal 

"Tapi tetap saja dianggap new comer. Perlu kerja politik ekstra keras untuk dapat simpati dan dukungan warga jakarta," tegasnya.

Dengan demikian, tantangan RK dalam membangun basis dukungan di ibu kota memerlukan strategi politik yang lebih intensif.

Perspektif Golkar DKI Jakarta

Kabar mengenai kemungkinan partisipasi mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta semakin ramai diperbincangkan. 

Pasca pemberitaan tentang kemungkinan dukungan dari Partai Gerindra dan PAN, Wakil Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Adhinusa memberikan tanggapannya.

BACA JUGA:Ini 3 Bacagub Jakarta dari Partai Golkar: Ridwan Kamil, Ahmed Zaki Iskandar, dan Erwin Aksa

Menurutnya, DPP Partai Golkar sampai saat ini belum memutuskan siapa kadernya yang akan didorong maju di Pilkada Jakarta.

"Jadi rasanya masih terlalu dini jika ada partai politik lain yang mempertimbangkan Ridwan Kamil sebagai bacagub Jakarta," ujar Adhinusa saat dikonfirmasi, Senin, 13 Mei 2024.

Adhinusa menekankan pentingnya membangun komunikasi politik terlebih dahulu dengan Partai Golkar. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: