Anies Dipanggil KPK, Eks Demokrat Nyinyir: Anda Bukan Saksi Ahli Tapi Saksi yang Bisa Jadi Tersangka

Anies Dipanggil KPK, Eks Demokrat Nyinyir: Anda Bukan Saksi Ahli Tapi Saksi yang Bisa Jadi Tersangka

Direktur Eksekutif Indonesia Police Monitoring Ferdinand Hutahaean.-Instagram/@ferdinand_hutahaean-

Diketahui bahwa dipanggilnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat banyak pihak berspekulasi.

(BACA JUGA:Gubernur DKI Jakarta Dipanggil KPK Terkait Formula E, Anies: Semuanya Menjadi Lebih Jelas)

Terkait pemeriksaan Anies Baswedan oleh KPK mengenai penyelenggaraan Formula E pada Rabu, 7 September 2022 disikapi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Riza meminta masyarakat untuk selalu berprasangka baik meskipun Anies akan menjalani pemeriksaan di lembaga antirasuah tersebut. 

"Berprasangka baik terhadap Pemerintah DKI Jakarta yang melaksanakan Formula E," kata Riza, Selasa 6 September 2022.

Tak hanya kepada Anies dan Pemprov DKI, prasangka baik juga harus diterapkan kepada KPK yang saat ini sedang melakukan pemeriksaan terkait penyelenggaraan ajang balap mobil listrik tersebut.

(BACA JUGA:DPRD Ungkap Syarat Jadi PJ Gubernur DKI Jakarta Gantikan Anies Baswedan)

Riza menambahkan pada Minggu, 4 September 2022, Anies Baswedan sudah menginformasikan kepada dirinya bahwa akan diperiksa lembaga antirasuah itu.

"Pak gubernur menyampaikan juga kepada saya bahwa Pak Anies dipanggil pada Rabu, 7 September 2022 dan beliau juga menyampaikan akan hadir," ucap Riza.

Sementara itu, ditemui dalam kesempatan terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan dirinya tidak memiliki persiapan khusus menjelang diperiksa KPK terkait penyelenggaraan Formula E.

"Datang saja, tidak ada persiapan khusus," kata Anies setelah hadir pada peluncuran komitmen pengurangan emisi karbon di Jakarta.

(BACA JUGA:Panggil dan Periksa Anies Soal Formula E, Begini Penjelasan Lengkap KPK )

KPK sebelumnya melayangkan surat panggilan kepada orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta itu untuk dimintai keterangan soal penyelenggaraan ajang balap mobil listrik tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: