PKB Ingin Koalisi Perubahan Berlanjut di Pilkada Aceh

PKB Ingin Koalisi Perubahan Berlanjut di Pilkada Aceh

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.--

FIN.CO.ID - Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berharap, partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan pada Pilpres 2024 berlanjut di Pilkada Aceh. Pernyataan itu disampaikan saat dirinya bersama Anies Baswedan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh karena telah memilih pasangan AMIN dalam Pilpres 2024.

"Kita berharap kerja sama PKB, Nasdem, dan PKS akan terus berlanjut (di Pilkada Aceh)," kata pria yang biasa disapa Cak Imin ini, Jumat 3 Mei 2024.

BACA JUGA:

Dia menilai, koalisi perlu berlanjut. Hal itu untuk meneruskan amanat perjuangan di berbagai bidang pemerintahan termasuk legislatif.

"Termasuk di Pilkada ini, akan terus kita koordinasikan supaya semaksimal mungkin terus bersinergi," ucapnya.

Wakil Ketua DPR ini mengatakan, kader PKB yang akan maju di Pilgub Aceh tengah digodok. Kemungkinan, kata dia, pekan depan sudah muncul namanya.

"Kita sudah proses pematangan (calon Gubernur Aceh dari PKB), minggu depan insya Allah sudah ada kepastian," ujar Cak Imin.

Sekadar diketahui, berdasarkan ketentuan Undang-Undang (UU) Pemerintah Aceh dan Qanun Aceh Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pilkada, calon gubernur Aceh bisa mendaftar jika memperoleh dukungan minimal 15 persen kursi di DPRA. Jika dilihat dari ketentuan Pasal 22 Qanun Aceh tentang Pilkada itu, maka calon gubernur Aceh harus memiliki 13 kursi DPRA sesuai dengan pembagian 15 persen dari total 81 kursi di parlemen Aceh.

Jika koalisi perubahan berlanjut di Pilkada Aceh, maka mereka dapat mengusung kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Aceh. Karena memenuhi syarat pendaftaran calon tersebut.

Pada pemilihan legislatif Aceh 2024 koalisi perubahan meraih 23 kursi DPRA, di antaranya Nasdem mendapatkan 10 kursi, PKB sembilan kursi, dan PKS empat kursi.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: