Aksi Kejar-kejaran Petugas dengan Pengamen: Salah Saya Apa Pak, Saya Salah Apa?

Aksi Kejar-kejaran Petugas dengan Pengamen: Salah Saya Apa Pak, Saya Salah Apa?

Petugas gabungan Pemprov DKI Jakarta merazia PMKS di Jakarta Utara.--

"Kami dari Pemda DKI Jakarta di bulan Ramadan ini akan melakukan penjangkauan bekerja sama dengan Satpol PP Jakarta Utara," kata Maria.

"Sebenarnya kami rutin melakukan pengawasan, tapi di bulan Ramadan ini kami akan tingkatkan penjangkauannya," tambahnya.​​​​

Sebelumnya, Kepala Satpol PP DKI Arifin di Jakarta, Selasa, mengisyaratkan adanya perluasan pengawasan PMKS guna menjangkau aktor intelektual yang diduga mengerahkan para pengemis yang biasanya banyak bermunculan saat bulan puasa hingga Hari Raya Idul Fitri.

(BACA JUGA:Booster Syarat Mudik Lebaran, Warga Kota Bekasi Membeludak, Penuhi Alun-alun Antre Divaksin)

"Apakah ada aktor intelektual, apakah ada kelompok berdasi memanfaatkan dengan cara memobilisasi orang mengemis untuk kepentingan pribadi, kami tidak akan biarkan, kami akan melakukan penindakan tegas," kata Arifin.

Patroli pengawasan biasanya dilakukan di sejumlah jalan atau pusat keramaian, nantinya akan diperluas pengawasan juga menyasar pusat perbelanjaan, pusat perdagangan, hingga tempat ibadah.

Dia menjelaskan pengawasan tersebut akan dilakukan oleh petugas Satpol PP baik dari kelurahan, kecamatan, kota hingga provinsi.

"Kalau kemudian terjadi seolah pengemis dalam tanda kutip menjadi profesi, pilihan pekerjaan ini tidak dibenarkan padahal secara fisik, kemampuan bisa berusaha di luar mengemis," ucapnya.

(BACA JUGA:PDIP Buka Peluang Duet Puan Maharani Anies Baswedan di Pilpres 2024, Pengamat: Sangat Bagus)

Arifin berharap agar masyarakat ikut mengubah fenomena setiap menjelang hari besar keagamaan, PMKS tersebut selalu bermunculan.

Ia berharap agar sedekah dapat dilakukan melalui cara yang lebih baik di antaranya melalui badan zakat resmi.

"Kami ingin ubah mindset atau gambaran tiap menjelang bulan puasa banyak gelandangan, pengemis, apakah mereka sengaja manfaatkan bulan Ramadhan, bulan berkah, bulan dianjurkan lebih banyak sedekah misalnya karena dilipatgandakan pahalanya. Orang ini perlu kami edukasi," ucapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: