Duar! SAP Indonesia Diduga Suap Pejabat BP3TI Rp 1 Miliar Plus Traktir Belanja dan Makan di New York

Duar! SAP Indonesia Diduga Suap Pejabat BP3TI Rp 1 Miliar Plus Traktir Belanja dan Makan di New York

SAP Indonesia Diduga Suap Pejabat BP3TI Rp 1 Miliar-fin/diolah-Securities and Exchange Commission

"Beberapa faktur palsu tersebut menghasilkan pembayaran suap kepada karyawan Indonesia Intermediary 1. Beberapa membayar kunjungan pelanggan dan lainnya menghasilkan pembayaran tunai pejabat pemerintah di badan usaha milik negara," lanjut SEC. 

Selain itu, SEC juga menuliskan bahwa 2 account executive SAP Indonesia yang mengatur skema tersebut. Dua orang ini diduga meminta karyawan di Indonesia Intermediary 1 untuk melakukan "apa pun yang diperlukan' untuk mencapai kesepakatan.

BACA JUGA:


Pejabat Indonesia disebut terima suap dari perusahaan Jerman SAP. -fin/diolah-

Disebutkan ada pesan WhatsApp antara account executive SAP Indonesia dan karyawan Indonesia Intermediary 1 tentang permintaan bagasi dan amplop. 

"Keduanya dipahami sebagai kode suap kepada pejabat pemerintah pejabat. Dalam kasus tertentu, foto dan video menjadi bukti pembayaran tunai yang dilakukan kepada pejabat pemerintah," ungkap SEC dalam dokumennya. 

Bahkan, lanjut SEC, salah satu local account executive SAP Indonesia mengaku memfasilitasi dan dalam beberapa kasus, secara pribadi melakukan pembayaran kepada klien sektor publik saat  menjadi karyawan Indonesia Intermediary 1. 

SEC juga menambajka bahwa SAP-VAR merupakan partisipan aktif dalam upaya tersebut. Bahkansecara khusus menyebut Indonesia Intermediary 1 sebagai pihak yang membantu skema ini. 

"Dua Pegawai Intermediary 1 juga mengaku memfasilitasi pembayaran kepada pejabat pemerintah," papar SEC dalam rilisnya. 

BACA JUGA:

Skandal Suap Libatkan  8 Lembaga Pemerintah dan BUMN 

Sebanyak 8 lembaga pemerintah dan BUMN di Indonesia diduga terlibat kasus skandal suap dengan perusahaan software asal Jerman. Mulai dari Kominfo, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemensos, PT Pertamina hingga Angkasa Pura I dan II. 

Berdasarkan dokumen pengadilan, SAP melalui beberapa pihak terbukti telah menyuap dengan memberikan barang-barang bernilai ekonomis, uang tunai, sumbangan politik, uang via transfer, serta barang-barang mewah kepada pejabat di Afrika Selatan dan Indonesia.

Pada periode tahun 2015-2018, SAP melalui perwakilannya terlibat dalam upaya suap terhadap pejabat Indonesia guna mendapatkan keuntungan dan memenangkan berbagai kontrak di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) yang kini bernama Bakti Kominfo.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga diduga menerima suap dari SAP.

Dikutip dari data Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), disebutkan ada 8 badan usaha milik negara (BUMN) dan Kementerian yang terlibat dalam skandal suap ini.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: