Duar! SAP Indonesia Diduga Suap Pejabat BP3TI Rp 1 Miliar Plus Traktir Belanja dan Makan di New York

Duar! SAP Indonesia Diduga Suap Pejabat BP3TI Rp 1 Miliar Plus Traktir Belanja dan Makan di New York

SAP Indonesia Diduga Suap Pejabat BP3TI Rp 1 Miliar-fin/diolah-Securities and Exchange Commission

FIN.CO.ID - SAP Indonesia diduga menyuap pejabat BP3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika ) senilai Rp 1 Miliar. Selain itu, mentraktir belanja dan makan sang pejabat bersama istrinya di New York Amerika Serikat (AS). 

Dugaan suap SAP Indonesia kepada pejabat BP3TI ini terungkap dari dokumen yang dirilis SEC (Securities and Exchange Commission).

"SAP Indonesia dengan bantuan Indonesia Intermediary 1 memberikan suap kepada pejabat pemerintah di BP3TI, sebuah entitas yang dibentuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Teknologi Indonesia (Kementerian Kominfo)," tulis SEC dalam dokumen yang dirilis pada 10 Januari 2024 seperti yang dilihat dan ikutip fin.co.id pada Senin, 22 Januari 2024.  

Sekedar diketahui BP3TI telah diubah menjadi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI.

SEC dalam dokumennya menyatakan SAP Indonesia membayar suap untuk mendapatkan kontrak 23 Maret 2018 dengan BP3TI senilai 268,135 Dolar AS. 

SEC juga menyebut ada transkrip pesan WhatsApp dari salah satu account eksekutif SAP Indonesia kepada karyawan Indonesia Intermediary 1. 

BACA JUGA:

"Dalam pesannya dia berkata, Hehehe… Ini pemerintah bro, untuk menangkap ikan besar kita perlu menggunakan umpan yang besar," lanjut SEC dalam rilisnya.

Dalam pesan lainnya, masih menurut dokumen SEC, ada pembahasan transfer dana ke perantara yang dimaksudkan untuk menguntungkan pejabat di BP3TI.

Karyawan Indonesia Intermediary 1 disebut SEC mengkonfirmasi jumlah transfer “sekitar Rp 1 miliar,” yang berjumlah 67,380 Dolar AS pada saat transfer. 

SEC juga menyatakan beberapa pembayaran telah dialihkan melalui entitas palsu yang dibuat oleh karyawan Indonesia Intermediary 1. 

"Selain itu, SAP Indonesia melalui pegawai Perantara Indonesia 1, dibayar untuk wisata belanja dan makan untuk BP3TI pejabat dan istrinya selama perjalanan pada bulan Juni 2018 ke New York City, dalam perjalanan menghadiri SAP 2018 Konferensi Safir di Orlando, Florida," papar SEC.

BACA JUGA:

Menkominfo: Pimpinan BP3TI Sudah Meninggal

Terkait dokumen SEC tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi menegaskan akan menindaklanjuti temuan itu. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: