Awas! Beredar Ikan Teri Berformalin di Pasar Kabupaten Tangerang.

Awas! Beredar Ikan Teri Berformalin di Pasar Kabupaten Tangerang.

Dinkes Kabupaten Tangerang Saat Memeriksa Bahan Makanan Berbahaya --Dinkes Kabupaten Tangerang Untuk FIN

Ikan Teri Berformalin di Kabupaten Tangerang - Jelang Hari Raya Idulfiitri 1444 Hijriah,  Pemerintah Kabupaten Tangerang intens melakukan pengawasan peredaran bahan makanan di daerah itu.

Intensifikasi pengawasan bahan makanan ini dilakukan dengan menyasar 13 pasar ritel dan tradisional di wilayah Kabupaten Tangerang.

Pengawasan dilakukan dengan memeriksa kandungan zat pada bahan makanan yang dijual para pedagang.

"Ini untuk meningkatkan mutu dan menjaga keamanan pangan di Kabupaten Tangerang," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr Muhammad Faridzi Fikri, Jumat 14 April 2023.

BACA JUGA:Link Download Aplikasi VidMate yang Asli Terbaru, Gratis Tanpa Iklan

Dia menjelaskan, pengawasan pada 13 sarana distribusi pagan itu difokuskan pada pangan kemasan yang berisiko menganggu kesehatan.

"Selain itu juga kami memeriksa pangan kemasan yang tidak mempunyai izin edar atau label pada pangan tidak memenuhi syarat," ujarnya.

Selama pengawasan yang dilakukan selama Ramadan sampai menjelang Lebaran pihaknya menemukan beberapa pangan yang masih mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan pewarna tekstil.

Di antaranya pada jenis makanan mie kuning, ikan teri, corn eskrim dan gulali.

BACA JUGA:Begini Tata Cara Salat Tasbih dan Keutamaannya

"Tentunya jika ditemukan pangan yang mengandung bahan berbahaya sarana distribusi dimint untuk memusnahkannya dan tidak menjualnya kembali," tuturnya.

Selain itu, untuk pangan kemasan tanpa izin edar dan label yang tidak memenuhi ketentuan, pihaknya meminta dibuatkan izin edar atau perbaikan kekurangan label pangan. 

Dia berharap pangan yang beredar di wilayah Kabupaten Tangerang terjamin keamanan pangannya.

Selain itu,  para penanggung jawab sarana distribusi dapat menjadi penggerak aktif dalam menyosialisasikan pentingnya keamanan pangan di wilayah kerja masing masing.

"Kami juga berharap agar masyarakat lebih teliti dan cermat dalam memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: