Komitmen Turunkan Stunting, Pemkab Tangerang Kuatkan Tim Pendamping Keluarga

Komitmen Turunkan Stunting, Pemkab Tangerang Kuatkan Tim Pendamping Keluarga

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid--

FIN.CO.ID - Kesehatan adalah hak asasi manusia yang mendasar dan merupakan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia.

Sebagaimana UUD Negara Repuplik Indonesia Tahun 1945 pasal 28 H ayat (1), menegaskan jaminan konstitusional akan hak memperoleh pelayanan kesehatan sebagai salah satu hak asasi manusia.

Pentingnya kesehatan sebagai hak asasi manusia tidak hanya merupakan retorika kosong, namun juga sebuah kewajiban moral dan konstitusional yang harus dipertahankan dan ditegakkan oleh setiap negara.

Hal ini tercermin dalam komitmen pemerintah, baik secara nasional maupun daerah, dalam upaya mewujudkan pelayanan kesehatan yang merata dan berkualitas bagi seluruh warga negara.

Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam Upaya Menuju Kabupaten Tangerang Zero Stunting menggelar kegiatan Penguatan Tim Pendamping Keluarga Dalam Pelaksanaan Pendampingan Keluarga Risiko Stunting dalam rangka upaya percepatan penanganan masalah stunting di Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengungkapkan peran tim pendamping keluarga menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Ia menekankan, penurunan stunting harus dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan, seperti terhambatnya tumbuh kembang dan kecerdasan anak, serta produktivitas.

"Problem stunting ini saling berkaitan dan memiliki penyebab dan akibat yang kompleks dan oleh karenanya diperlukan penanganan lintas sektor, strategi intervensi yang komprehensif dan berkelanjutan," ungkapnya Selasa, 9 April 2024.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat tim pendamping keluarga dalam pelaksanaan pendampingan keluarga resiko stunting, sebagai bagian dari program percepatan penurunan stunting yang menjadi prioritas nasional.

Kata Sekda, kehadiran kita semua mencerminkan adanya kesungguhan untuk mencurahkan pemikiran dan bekerjasama dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tangerang.

"Semua usaha yang telah dilakukan dalam percepatan penurunan stunting oleh semua pihak terkait dan seluruh stakeholder untuk terus menguatkan sinergitas dan kolaborasi tingkatkan sinergi program antar seluruh perangkat daerah dan kontribusi dari seluruh jaringan stakeholder agar program yang dilaksanakan lebih tepat sasaran dan terpantau dengan baik," tuturnya.

Melalui dialog dan diskusi dengan Kepala Puskesmas Perwakilan Kecamatan serta para kader keluarga, bahwa pendekatan yang lebih masif perlu dilakukan untuk mencegah angka stunting di wilayah Kabupaten Tangerang.

Hal ini menandakan komitmen pemerintah daerah untuk secara aktif terlibat dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: