Mana yang Lebih Baik, Sistem Pemilu Indonesia atau Amerika?

Mana yang Lebih Baik, Sistem Pemilu Indonesia atau Amerika?

Sistem Pemilu Indonesia lebih baik dari Amerika-getty-disway.id

FIN.CO.ID - Mungkin masyarakat Indonesia merasa sistem Pemilu di luar negeri seperti Amerika Serikat jauh lebih baik dari pada di Indonesia.

Namun pada kenyataannya justru sebaliknya. Sistem Pemilu di Indonesia jauh lebih baik dari Amerika.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik mengatakan sistem pemilihan umum (pemilu) di  Republik Indonesia (RI) lebih baik dibandingkan Amerika Serikat (AS).

"Kalau, misalnya, kita bandingkan sistem pemilu Indonesia dan sistem pemilu di Amerika Serikat, saya secara pribadi sebagai warga negara Indonesia (WNI) menilai sistem kita lebih baik," ujar Idham dilansir Antara, Selasa, 30 Januari 2024.

Ia mengaku pernah bertemu dengan rekan dari perguruan tinggi di Negeri Paman Sam itu dan memberikan contoh studi komparatif atau perbandingan terhadap sistem pemilihan presiden dan wakil presiden.

Adapun presiden AS tidak dipilih secara langsung oleh masyarakat, melainkan oleh lembaga yang dikenal dengan istilah electoral college atau lembaga pemilih.

BACA JUGA:

Ketika warga AS datang ke tempat pemungutan suara, mereka sebenarnya memilih orang-orang yang bakal duduk dalam electoral college. Tugas utama anggota electoral college adalah memilih presiden dan wakil presiden.

Mereka bekerja setiap empat tahun sekali, yakni beberapa pekan setelah pemungutan suara oleh masyarakat di negara bagian. Pada saat itulah mereka menjalankan tugas.

"Nanti di setiap 4 tahun khususnya di tanggal 20 Januari, elektor itulah yang akan memilih capres," jelasnya.

Sementara, Indonesia menganut asas "LUBER JURDIL" yang merupakan singkatan dari "Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil". "Langsung" berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya secara langsung dan tidak boleh diwakilkan.

"Tapi di Indonesia pemilih bisa memilih langsung, bisa menentukan siapa calon presiden pilihan mereka masing-masing. Ini luar biasa menurut saya," ungkap Idham.

Dari sisi itu lah, dia mengaku bangga dengan sistem pemilu di Indonesia dibandingkan di AS. Idham pun tak menampik Indonesia menjadi negara demokrasi terbesar ketiga, namun dari sistem pemilu tetap terbaik.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: