Sah! Messi Raih Ballon d'or yang ke-8 Kali

Sah! Messi Raih Ballon d'or yang ke-8 Kali

Lionel Messi raih Ballon d'or 2023--

Messi pertama kali memenangkannya pada tahun 2009 dan kemudian pada tahun 2010, 2011, 2012, 2015, 2019 dan 2021 kemudian 2023.

Cristiano Ronaldo telah memenangkannya lima kali, sementara Michel Platini, Johan Cruyff dan Marco van Basten semuanya adalah pemenang tiga kali.

Messi mencetak 21 gol dalam 41 penampilan musim lalu saat Paris Saint-Germain mempertahankan gelar Ligue 1 sebelum pindah ke Inter Miami awal tahun ini.

Sejak pindah ke AS, ia telah mencetak 11 gol dalam 14 pertandingan untuk Miami, membantu tim tersebut memenangkan trofi pertamanya, Piala Liga.

Namun, ia melewatkan beberapa pertandingan karena cedera di akhir musim reguler MLS karena tim asuhan Gerardo "Tata" Martino gagal mendapatkan tempat playoff.

Penampilan Messi di Piala Dunia pada akhir tahun 2022 lah yang membuatnya mendapatkan Ballon d'Or kedelapan, saat Argentina mengakhiri penantian 36 tahun untuk dinobatkan sebagai juara dunia untuk ketiga kalinya.

Messi, sebagai kapten, berperan penting dalam kesuksesan Argentina di Qatar, mencetak tujuh gol dan membuat tiga assist kemudian ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Turnamen. 

Pada usia 36 tahun empat bulan, Messi juga menjadi pemain tertua kedua yang pernah memenangkan Ballon d'Or, menggantikan pemenang tahun lalu Karim Benzema.  

Hanya pemenang perdananya, Stanley Matthews pada tahun 1956, yang lebih tua ketika ia memenangkannya pada usia 41 tahun.

Enam Ballon d'Or pertama Messi dimenangkan saat ia bermain untuk Barcelona, ​​di mana ia adalah pencetak gol terbanyak dan pemegang penampilan terbanyak klub. 

Sementara ia memenangkannya untuk ketujuh kalinya tak lama setelah bergabung dengan PSG pada tahun 2021 menyusul kesuksesan Copa America bersama Argentina. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: espn