Lionel Messi Raih Penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2023

Lionel Messi Raih Penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2023

Messi dan Bonmati saat meraih Ballon D'or 2023-Instagram Bonmati-

FIN.CO.ID- Bintang Timnas Argentina Lionel Messi kembali dinobatkan sebagai Pemain Pria Terbaik FIFA 2023 dalam upacara The Best FIFA Football Awards di London, Senin 15 Januari 2024 waktu setempat. 

Messi dianugerahi penghargaan tersebut setelah membawa Argentina juarai Piala Dunia 2022 lalu. Namun pemain Inter Miami ini tidak hadir dalam upacara penyerahan penghargaan tersebut. 

Messi unggul setelah pemungutan suara yang ketat oleh para pelatih dan kapten tim nasional, serta jurnalis ahli dan pendukung di seluruh dunia. 

BACA JUGA:

Periode pemberian  dan penilaian penghargaan untuk kategori putra berlangsung dari 19 Desember 2022 hingga 20 Agustus 2023, dan dimulai sehari setelah final Piala Dunia di Qatar.

Haaland, yang membantu City meraih treble gelar Liga Premier, Piala FA, dan Liga Champions dengan mencetak 52 gol dalam 53 pertandingan di semua kompetisi pada musim 2022-23, menempati posisi kedua dalam pemungutan suara.

Messi dan Haaland sama-sama mendapat 48 poin dalam jejak pendapat, mereka kemudian dipisahkan berdasarkan jumlah nominasi.

Namun, Messi mendapat suara terbanyak melalui pemungutan suara dari kapten tim nasional, sesuai dengan Aturan Alokasi (pasal 12). Sementara Striker Prancis Mbappe finis ketiga dengan 35 poin.

BACA JUGA:

Messi juga sebelumnya memenangkan penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA 2019 dan diakui oleh FIFA sebagai pemain terkemuka dalam permainan putra sebanyak lima kali yakni, tahun 2009, 2010, 2011, 2012 dan 2015. Menjadikannya dia sebagai pemain dengan penghargaan individu kedelapan secara total.

Messi adalah pemain yang telah memenangkan segalanya, dia memenangkan banyak penghargaan domestik, internasional, dan individu untuk menempatkan dirinya pemain  indah yang terhebat sepanjang masa.

La Pulga juga dinobatkan sebagai Pemain Pria Terbaik pada tahun 2022 setelah memimpin Argentina meraih kejayaan Piala Dunia FIFA di Qatar, dan ia menambahkan lebih banyak trofi ke dalam koleksi trofinya pada tahun 2023 saat PSG sekali lagi menduduki puncak klasemen di Prancis sebagai juara Ligue 1.

Pada kategori putri, pemilihan Bonmati juga kembali mendapat penghargaan tersebut berkat kontribusinya membantu Spanyol menjuarai Piala Dunia Putri dan Barcelona memenangi Liga Champions pada 2023 dalam beberapa bulan terakhir.

“Beberapa pekan lalu ketika 2023 berakhir, saya merasa seperti bernostalgia karena 2023 merupakan tahun yang begitu unik dan luar biasa, yang akan saya kenang seumur hidup,” kata Bonmati seperti dikutip AFP.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: