Messi dan Bonmati Kembali Raih Penghargaan Pesepak Bola Terbaik FIFA

Messi dan Bonmati Kembali Raih Penghargaan Pesepak Bola Terbaik FIFA

Messi dan Bonmati saat meraih Ballon D'or 2023-Instagram Bonmati-

FIN.CO.ID- Pemenang Piala Dunia dan Ballon d'Or 2023, Lionel Messi dan Aitana Bonmati kembali raih Penghargaan sebagai pemain terbaik FIFA setelah badan sepak bola dunia itu mengumumkan daftar nominasinya pada hari Kamis kemarin, 14 Desember 2023.

Messi memimpin daftar nominasi Pemain Pria Terbaik FIFA. Bintang Argentina ini memenangkan gelar Ligue 1 keduanya bersama Paris Saint-Germain tahun ini sebelum bergabung dengan MLS Inter Miami. 

Messi juga memimpin Inter Miami meraih trofi pertama mereka ketika tim tersebut memenangkan Piala Liga pada bulan Agustus. Kemdian, Messi memenangkan Ballon d'Or dan dinobatkan sebagai Atlet Terbaik Tahun Ini menurut TIME.

BACA JUGA:


Lionel Messi Inter Miami, Image: leomessi / Instagram--

Penghargaan FIFA tahun ini tidak atas penilaian raihan juara Piala Dunia 2022 lalu. FIFA hanya menghitung gelar pada musim 2023.

Sementara itu, bintang PSG Kylian Mbappe dan striker Manchester City, Erling Haaland yang juga merupakan finalis Ballon d'Or tahun ini, masuk nominasi FIFA. 

Mbappe adalah rekan setim Messi di PSG selama kemenangan Ligue 1, sementara Haaland adalah tokoh sentral dari tim pemenang treble Manchester City selama musim pertamanya bersama juara bertahan Inggris dan Eropa.

Lain sisi, di pemain wanita, Bonmati mendapatkan penghargaan Pemain Wanita Terbaik FIFA setelah tahun tersukses dalam karirnya. 

Dia menjadi pemain pertama yang memenangkan Piala Dunia Wanita, Liga Champions Wanita UEFA, dan Ballon d'Or dalam satu tahun dan menambah daftar itu penghargaan Bola Emas di Piala Dunia dan hadiah utama UEFA untuk pemain.

Bintang Spanyol dan Barcelona itu bergabung dengan wanita senegaranya Jenni Hermoso dalam daftar nominasi, serta bintang terobosan Piala Dunia, Linda Caicedo dari Kolombia.  

BACA JUGA:

Pemain berusia 18 tahun ini menjadi bintang utama tim Kolombia yang melaju ke perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya dan juga memenangkan penghargaan Gadis Emas untuk pemain muda terbaik tahun ini.

Sementara dari bangku pelatih, Pep Guardiola dari Manchester City, Simone Inzaghi dari Inter dan mantan pelatih Napoli dan bos Italia saat ini Luciano Spaletti masuk nominasi pelatih putra terbaik FIFA. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: