Ballon d'Or Messi 2021 Ternyata Bermasalah, Bos PSG Diduga Sogok Penyelenggara

Ballon d'Or Messi 2021 Ternyata Bermasalah, Bos PSG Diduga Sogok Penyelenggara

Lionel Messi raih Ballon d'or 2023--

FIN.CO.ID- Gelar Ballon d'Or Lionel Messi pada tahun 2021 dianggap bermasalah. Pasalnya, sebuah laporan dari media Prancis Mediapart dan Le Monde mengungkapkan bahwa ada kasus suap-menyuap antara pejabat Paris Saint-Germain (PSG) dan penyelenggara Ballon d'Or. 

Berdasarkan dokumen yang ditemukan oleh petugas polisi nasional Prancis atau yang disebut IGPN, ditemukan bahwa PSG dan mantan pemimpin redaksi France Football, Pascal Ferre, menjalin 'hubungan yang sangat dekat'.  

Ferre juga pernah memimpin penyelenggaraan gala Ballon d'Or, yang merupakan penobatan pemain terbaik dunia oleh France Football dari musim sebelumnya.

BACA JUGA:


Messi dan Bonmati saat meraih Ballon D'or 2023-Instagram Bonmati-

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan bahwa Ferre menerima beberapa 'hadiah' dari pejabat PSG dalam upayanya memenangkan Messi untuk memenangkan Ballon d'Or ke-8 ketika dia masih memperkuat PSG. 

Hadiah-hadiah ini termasuk tiket VIP di Parc des Princes untuk beberapa pertandingan, penerbangan bisnis pulang-pergi dengan Qatar Airways (sponsor utama PSG) yang dibayar oleh Pemerintah Qatar pada Maret 2021, dan banyak 'fasilitas' lainnya.

Dalam penyelidikan, nama mantan direktur PSG, Jean-Martial Ribes, yang didakwa 'korupsi' dan 'perdagangan pengaruh' di antara banyak kejahatan lainnya, muncul beberapa kali.  

Nama presiden PSG saat ini Nasser Al-Khelaifi pun berkali-kali muncul.

BACA JUGA:

Upaya bos PSG untuk menangkan Messi raih Ballon d'Or pada 2021 itu, diduga sebagai upaya untuk jadikan PSG semakin dikenal. Messi saat itu bersaing dengan Robert Lewandowski, Jorginho, dan Cristiano Ronaldo. 

Kemudian, Messi kembali memenangkan Ballon d'Or ke-8 pada tahun 2023 setelah memenangkan Piala Dunia 2022 dan mencatatkan namanya dalam sejarah setelah bergabung dengan Inter Miami. 

Pada Ballon d'Or 2023 Messi bersaing dengan Erling Haaland. Pemenang treble pada musim 2022-23 bersama Manchester City. 

Pesaing utamanya lainnya adalah Kylian Mbappe yang tampil di final piala dunia 2022 lawan Argentina. Namun kesuksesannya sangat bergantung pada seberapa jauh ia mampu membawa PSG di Liga Champions.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: