Jersey Messi di Piala Dunia 2022 Terjual Rp121 Miliar, Namun Belum Bisa Pecah Rekor Michael Jordan

Jersey Messi di Piala Dunia 2022 Terjual Rp121 Miliar, Namun Belum Bisa Pecah Rekor Michael Jordan

Messi bawa Argentina juarai Piala Dunia 2022. (Foto by Instagram.com @espn) --

FIN.CO.ID- Enam jersey yang dikenakan superstar sepak bola Lionel Messi dalam kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar terjual seharga $7,8 juta atau setara dengan Rp 121.076.280.000 di Rumah Lelang Sotheby's.

Jersey tersebut dipajang di kantor pusat Sotheby di New York selama lelang online dua minggu dan berakhir pada Kamis 14 Desember 2023.

"Harga akhir untuk kaos tersebut, yang masing-masing dikenakan pada paruh pertama salah satu pertandingan Argentina di Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar, adalah harga tertinggi untuk sebuah item memorabilia olahraga tahun ini," kata Sotheby's.

Argentina mengalahkan Prancis dalam adu penalti setelah bermain imbang 3-3 di final Piala Dunia dan memenangkan Piala Dunia ketiganya.

Kemenangan tersebut, di mana Messi mencetak dua dari tiga gol Argentina, mewakili momen puncak bagi salah satu pemain terhebat yang pernah ada dalam olahraga ini.

BACA JUGA:

“Kaus bersejarah ini tidak hanya merupakan pengingat nyata dari salah satu momen terpenting dalam sejarah olahraga, namun pada prinsipnya terkait dengan momen puncak dalam karier pemain sepak bola paling berprestasi dalam sejarah,” ujar Brahm Wachte kepala Sotheby's dalam sebuah pertanyaan. 

Wachter menambahkan, harga tersebut pun memecahkan rekor penjualan barang yang dikaitkan dengan sang bintang Argentina itu, dan merupakan barang memorabilia olahraga paling berharga yang dijual di lelang tahun ini sejauh ini.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Sotheby’s untuk mempersembahkan dan memamerkan barang-barang koleksi yang tak ternilai ini kepada publik, yang merangkum kecemerlangan seorang pemain yang telah mendefinisikan ulang batas-batas keunggulan sepak bola,” kata Wachter.

“Kaus bersejarah ini tidak hanya merupakan pengingat nyata dari salah satu momen terpenting dalam sejarah olahraga, namun pada prinsipnya terkait dengan momen puncak dalam karier pemain sepak bola paling berprestasi dalam sejarah,” ujarnya menambahkan.

Namun begitu, tidak ada informasi tentang pemenang lelang yang dirilis. Sotheby's mengatakan sebagian dari hasil lelang akan disumbangkan ke Proyek UNICAS, yang dipimpin oleh Rumah Sakit Anak Sant Joan de Déu Barcelona dengan dukungan dari Leo Messi Foundation, untuk membantu anak-anak yang menderita penyakit langka.

BACA JUGA:

Awal bulan ini, Messi dinobatkan sebagai "Atlet Terbaik Tahun Ini" versi majalah Time untuk tahun 2023, serta meraih penghargaan Ballon d'Or kedelapan.

Sotheby's berharap kaos Messi bisa memecahkan rekor lelang memorabilia olahraga yang dikenakan dalam pertandingan, tapi hal itu tidak terjadi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: ap