Penahanan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Dipindah, Ternyata Ini Alasannya

Penahanan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Dipindah, Ternyata Ini Alasannya

Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo-dok-

Penahanan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Dipindah - Lokasi penahanan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi dipindah. Keduanya kini tak lagi menempati penjara Lapas Salemba dan Pondok Bambu.

Kasubag Publikasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprilianti menyebut pihaknya memindahkan tempat penahanan empat terpidana kasus pembunuhan Brigadir J, yakni Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal Wibowo.

Ferdy Sambo sebelumnya ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Salemba, Jakarta dipindahkan ke Lapas Cibinong, Bogor. 

Sementara Putri Chandrawathi yang sebelumnya dieksekusi di Lapas Wanita Pondok Bambu dipindahkan ke Lapas Kelas II Tangerang.

Dijelaskan Rika Aprilianti pemindahan lapas para terdakwa pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J itu dengan pertimbangan untuk pembinaan.

"Iya (dipindahkan) dengan pertimbangan pembinaan," katanya, Selasa, 12 September 2023.

BACA JUGA:

Pemindahan para terpidana kasus Duren Tiga itu, kata Rika, dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2023.

Selain Ferdy Sambo, Ditjen PAS Kemenkumham juga memindahkan lapas tempat penahanan Ricky Rizal Wibowo, mantan ajudan Ferdy Sambo dan Kuat Ma'ruf, mantan ART Ferdy Sambo, ke lapas yang sama, Lapas Cibinong. Sebelumnya, kedua terpidana itu ditahan di Lapas Kelas II Salemba.

Rika mengaku pemindahan ini dilakukan dengan pertimbangan pembinaan dan dipastikan tidak ada perlakuan khusus terhadap para terpidana.

"Tidak ada perlakuan khusus," kata Rika menegaskan.

Saat ditanyakan apakah Ferdi Sambo berada satu sel dengan Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf selama penahanan di Lapas Cibinong, Rika tidak menjawab secara detail, hanya menyampaikan ketiganya berada di satu lapas.

"Semua ditempatkan di Lapas Cibinong," ujar Rika.

 BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: