Tips Beli Mobil Bekas Biar Gak Menyesal, Nomor 6 Paling Penting!

Tips Beli Mobil Bekas Biar Gak Menyesal, Nomor 6 Paling Penting!

Rekomendasi tempat jual mobil bekas di Jakarta --

BACA JUGA:

a. Bagian Eksterior

Di bagian eksterior, periksa komponen bodi mobil. Lihat kaca mobil, cat mobil, panel pintu, dan kap mesin. Periksa juga chasis mobil dan pastikan bagian tersebut tidak berkarat. 

Jika mobil yang diincar pernah mengalami modifikasi, pastikan modifikasi tidak terjadi pada mesin, struktur, dan penggantian warna secara berlebihan.

Pada bagian mesin mobil, periksa kondisi kebersihan mesin. Jika mesin tidak terawat, biasanya akan ada tumpukan debu. Selain itu, perhatikan pula suara mesin dan juga asap yang dikeluarkan mobil. Selagi memeriksa mesin, periksa pula kondisi aki dan cairan mobil.

Pada bagian suspensi, periksa kemiringan mobil dan juga komponen setir mobil. Pastikan mobil tidak miring dan steer masih dengan mudah dikendalikan. Berkaitan dengan suspensi, ban mobil dan kampas rem juga perlu diperiksa kondisinya. 

BACA JUGA:

b. Bagian Interior

Komponen interior yang perlu diperhatikan adalah fungsi AC, sistem audio, dan lampu. Pastikan semua bagian tersebut dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, perhatikan kenyamanan dari kursi mobil dengan cara mendudukinya langsung. 

Kebersihan mobil juga menjadi hal yang penting ketika ingin membeli mobil bekas. Pastikan mobil tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap, bahkan sampai mengganggu. 

Lihat kebersihan kursi dan lantai mobil. Jika terdapat kotoran yang mengendap atau bahkan berkerak, kemungkinan besar mobil tersebut pernah terendam banjir.

4. Meminta Bantuan Ahli Mekanik

Jika mengalami keraguan dalam melakukan observasi dan penilaian terhadap mobil bekas yang ingin dibeli, mintalah bantuan ahli mekanik. Ahli mekanik tersebut dapat membimbingmu untuk menilai kelayakan dan kualitas dari sebuah mobil bekas. 

BACA JUGA:

Melalui petunjuk dan arahan dari ahli mekanik, kamu dapat makin yakin untuk memutuskan dan memilih mobil bekas impianmu.

5. Memeriksa Riwayat Servis Mobil

Riwayat servis atau service record dapat membantu pembeli mobil bekas untuk mengetahui secara rinci tingkat perawatan berkala suatu mobil bekas. Kamu akan mengetahui apakah mobil bekas yang ingin dibeli terawat secara berkala atau tidak.

Jika mobil bekas memiliki jadwal servis rutin, kemungkinan besar mobil itu dirawat dengan baik dan layak jalan. Selain itu, melalui service record, kamu juga akan mengetahui bengkel yang dijadikan tempat servis.

Untuk memastikan kualitas mobil bekas, sebaiknya memilih mobil bekas yang memiliki service record yang rutin di bengkel resmi. Sebab, bengkel resmi dapat lebih terjamin dan dapat memberikan kepastian tentang keaslian odometer mobil dan juga suku cadang yang dipakai. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: