Ingin Jadi PNS atau PPPK di IKN? Pemerintah Sediakan 71.643 Formasi CPNS dan PPPK Tahun Ini

Ingin Jadi PNS atau PPPK di IKN? Pemerintah Sediakan 71.643 Formasi CPNS dan PPPK Tahun Ini

Formasi Pendaftaran CPNS 2024--kemendag

FIN.CO.ID - Bagi kalian yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, segera persiapkan diri.

Sebab Pemerintah 71.643 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan PPPK 2024 untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada tahun 2024 ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas merinci puluhan ribu orang tersebut terdiri dari 14.114 orang yang akan berstatus PNS dan 57.529 sisanya sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Terkait formasi ini untuk instansi pusat yang akan pindah ke IKN. Formasinya macam-macam, misalnya di Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kementerian Dalam Negeri, dan seluruh kementerian lain," ucap Anas kepada wartawan, Minggu, 5 Mei 2024.

Anas mengatakan, saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mempercepat verifikasi terhadap pengisian formasi yang dilakukan K/L dan Pemda. Namun, tercatat masih ada 4 instansi yang belum melakukan pengisian rincian formasi.

BACA JUGA:

"Kami berharap 4 instansi itu segera mempercepat pengisian rincian formasinya di sistem BKN. Termasuk di dalamnya ada instansi daerah, yang sebenarnya sudah kita perpanjang ini tenggat pengisiannya. Kalau ini sudah beres 100 persen, kita bisa memulai pendaftaran CASN yang sudah ditunggu-tunggu publik,” ujarnya.

Dibuka Bulan Juni

Sebelumnya, Anas menegaskan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 akan dibuka pada Juni mendatang.

"Untuk pelaksanaan seleksi casn 2024 rencananya akan dilaksanakan bulan Juni/Juli setelah instansi menerima surat keputusan menteri PAN RB tentang penetapan kebutuhan formasi/formasi pegawai ASN," kata Anas di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jumat, 3 Mei 2024.

Anas mengatakan pelaksanaan seleksi CASN juga dilakukan setelah menerima keputusan menteri PAN RB tentang penetapan kebutuhan formasi instansi pemerintah dan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi 2024.

Lebih lanjut, Anas menegaskan pelaksanaan seleksi CASN ini tidak mungkin ditunda. Sebab, kata Anas, hal tersebut telah tercantum dalam UU ASN nomor 20 tahun 2023.

"Terkait kemarin adanya harapan dari Ombudsman agar seleksi CPNS ditunda setelah pilkada kami ingin sampaikan bahwa ini adalah keputusan dari UU ASN Nomor 20 tahun 2023 dimana telah diputuskan bersama komisi 2 bahwa penyelesaian tenaga non ASN selambat-lambatnya diselesaikan bulan Desember 2024 sehingga pertama dari sisi regulasi tdk mungkin ini ditunda. Jadi selambat-lambatnya menurut UU diberesin pada desember 2024," tegasnya.(anisha)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: