Komoditas Unggulan Daerah Penting Untuk Tingkatkan Perekonomian dan Menjaga Ketahanan Pangan

Komoditas Unggulan Daerah Penting Untuk Tingkatkan Perekonomian dan Menjaga Ketahanan Pangan

Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso-Ekon-

(BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Ex HTI, FPI Hingga Napiter Dukung Anies Baswedan Jadi Capres 2024)

(BACA JUGA:Tatak Ujiyati: Tahun 2017 Denny Siregar Takuti Warga Jakarta akan Jadi Suriah Jika Anies Terpilih, Nyatanya...)

Dalam rangkaian ulang tahun Kota Madiun yang juga dikenal sebagai Kota Pendekar ini, disajikan berbagai produk olahan dari tanaman porang diantaranya dalam bentuk nasi porang, pecel porang, hingga dawet porang.

Lebih lanjut, tanaman porang juga memiliki potensi ekonomi yang besar karena merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari pangan rendah kalori, industri bahan perekat, hingga produk kesehatan dan kecantikan. 

Ekspor porang sempat mencapai puncaknya pada tahun 2020 yang mencapai sebesar 20,5 ton dengan nilai sebesar Rp924,3 miliar. Jepang, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, dan Thailand menjadi negara tujuan utama ekspor porang Indonesia.

Provinsi Jawa Timur sendiri merupakan sentra penghasil tanaman porang kedua terbesar setelah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan menjadi industri pengolahan tanaman porang terbesar di Indonesia.

(BACA JUGA:Suzuki Ertiga Hybrid: Harga Dibawah Xpander dan Veloz Tapi Punya Fitur Cruise Control)

(BACA JUGA:Brio, HR-V dan BR-V Topang Penjualan Honda Bulan Mei 2022)

“Pemerintah sangat mendukung upaya pengembangan komoditas unggulan daerah berupa tanaman hortikultura maupun tanaman porang berikut produk olahannya, karena selain mengerakkan perekonomian rakyat, produk olahan porang tersebut juga dapat menjadi alternatif pangan bagi rakyat serta mendukung ketahanan pangan yang menjadi salah satu isu global saat ini,” ujar Sesmenko Susiwijono.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur menyambut baik dan mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Madiun dalam mendorong perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sektor pertanian, melalui penanaman berbagai produk hortikultura di Kota Madiun.

Walikota Madiun H. Maidi juga menyampaikan bahwa lahan-lahan tidur yang ada, dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Madiun untuk menghasilkan produk-produk pertanian yang bernilai ekonomi, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: