Jaga Ketahanan Pangan, Kodim 0507 Bekasi Manfaatkan Atap Gedung Menjadi Urban Farming

Jaga Ketahanan Pangan, Kodim 0507 Bekasi Manfaatkan Atap Gedung Menjadi Urban Farming

Komandan Distrik Militer 0507 Bekasi, Kolonel Arm Rico Sirait di urban farming-(Tuahta Aldo / fin.co.id)-

FIN.CO.ID - Manfaatkan lahan kosong di atap gedung seluas 180 meter persegi, Komando Distrik Militer (Kodim) 0507 Bekasi melakukan kegiatan Urban Farming.

Lokasi urban farming tersebut, berada di markas Kodim 0507 Bekasi, Jalan Veteran, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0507 Bekasi, Kolonel Arm Rico Sirait mengungkapkan, pemanfaatan atap tersebut merupakan inisiatif Pangdam Jayakarta yakni Mayjen Muhammad Hasan.

"Kenapa dilakukan Urban Farming di wilayah Kota Bekasi ini, karena lahan yang tersedia untuk ketahanan pangan sangat terbatas," ungkap Rico saat dikutip, Jumat 15 Maret 2024.

BACA JUGA : 

Berlangsung sejak 2004, urban farming mulanya hanya menyediakan tanaman hidroponik dan budidaya ikan nila, namun kini terdapat 96 ekor ayam petelur.

"Ada peternakan ayam petelur, kemudian ada hidpronik tanaman pokcay, cabai tomat dan ada perikanan ikan nila," jelasnya.

Rico Sirait mengatakan, hasil telur ayam dijual kepada anggota TNI melalui koperasi di Kodim 0507 dengan harga di bawah harga pasaran. 

"Sementara untuk anggota sendiri, karena harganya ya namanya koperasi kan untuk kesejahteraan anggotanya. Sehingga digunakan untuk anggotanya sendiri dengan harga yang jauh lebih murah," kata Rico Sirait.

Sedangkan untuk hasil pertanian sayur-sayuran di Urban Farming, akan dibagikan kepada seluruh istri anggota TNI yang bertugas di Kodim 0507.

BACA JUGA :

"Untuk tanaman buat ibu-ibu Persit, jadi mereka bisa mendapatkan manfaat dari urban farming ini," jelasnya.

Urban farming ini juga menjadi laboratorium bagi anggota TNI yang bertugas di wilayah kelurahan atau Babinsa, untuk dapat menerapkannya di lapangan.

"Disini bisa menjadi laboraturium bagi para Babinsa dan jadi sebelum mereka melakukan pendampingan ke masyarakat di wilayahnya masing-masing, mereka belajar disini," ucapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: