Ini Berbagai Manfaat Balai Kemenperin dalam Upaya Ketahanan Pangan

Ini Berbagai Manfaat Balai Kemenperin dalam Upaya Ketahanan Pangan

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.--agusgumiwang.com

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkap berbagai manfaat dari Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa miliknya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa yang dimiliki pihaknya mampu mendukung kekuatan sektor manufaktur di Indonesia.

Salah satunya adalah Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro (BBSPJIA). Diektahui, BBSPJIA merupakan balai besar yang dimiliki Kemenperin, yang mana perannya menjadi sangat penting di kala terjadi dinamika global yang juga berdampak bagi Indonesia, yaitu food security.

(BACA JUGA:PLN Raih Penghargaan INDI 4.0 Kemenperin 2022, Target Skor Tahun 2024 Berhasil Dicapai)

(BACA JUGA:Dukung Hilirisasi Industri Nikel, Kemenperin Siap Cetak SDM Unggul)

(BACA JUGA:Optimis Jadi Produsen Teknologi Digital, Menperin: Kita Telah Siapkan Kerangka Pengembangan Ekonomi Digital)

"Karenanya, BBSPJIA perlu ikut berkontribusi dalam mitigasi ketahanan pangan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 2 September 2022.

Menperin menyampaikan hal itu saat mengamati proses pengujian tepung terigu di laboratorium aneka komoditas BBSPJIA di Bogor.

Subsektor industri agro merupakan salah satu kontributor terbesar terhadap PDB manufaktur, termasuk di dalamnya industri makanan dan minuman.

(BACA JUGA:Menperin Agus Gumiwang: Pemerintah Dorong Kemandirian Industri Kesehatan)

(BACA JUGA:Bekukan Impor, Menperin Fokus Intensifkan Serapan Produk Furnitur Dalam Negeri)

Pada triwulan II 2022, industri makanan dan minuman tumbuh 3,68 persen year on year (yoy) dan memberikan kontribusi 38,38 persen bagi PDB industri pengolahan nonmigas, terbesar dibandingkan subsektor industri lainnya.

"Ke depan, kondisi global akibat dampak geopolitik Rusia-Ukraina dan juga di wilayah lain akan semakin menimbulkan tantangan bagi sektor industri. Sehingga amat penting untuk mendorong dan menyiapkan BBSPJIA untuk dapat mendukung pertumbuhan industri agro di Indonesia," ujar Menperin.

Menteri Agus memberikan perhatian terhadap BBSPJIA untuk menjadi lembaga pengujian terdepan dengan dukungan peralatan instrumentasi yang lengkap sehingga dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: