Komoditas Unggulan Daerah Penting Untuk Tingkatkan Perekonomian dan Menjaga Ketahanan Pangan

Komoditas Unggulan Daerah Penting Untuk Tingkatkan Perekonomian dan Menjaga Ketahanan Pangan

Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso-Ekon-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pemerintah senantiasa mendorong pengembangan produk komoditas pertanian lokal yang mempunyai potensi ekonomi tinggi. 

Selain untuk menggerakkan perekonomian rakyat, upaya tersebut juga dapat menjadi solusi terhadap salah satu isu krisis global saat ini yakni mengenai ketahanan pangan.

(BACA JUGA:Honorer Bakal Dihapus Tahun Depan, Pemkab Tangerang Terus Lakukan Pendataan)

(BACA JUGA:Fans di Indonesia Cemas Menanti Kepastian Konser, Justin Bieber: Saya Akan Sembuh)

Dalam kunjungan kerja ke Kota Madiun, Sabtu 110 Juni 2022, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso juga menyempatkan diri untuk mengikuti panen buah Golden Melon bersama dengan Gubernur Jawa Timur dan Walikota Madiun. 

Panen buah golden melon yang merupakan salah satu komoditas unggulan tersebut, termasuk dalam rangkaian kegiatan Ulang Tahun Hari Jadi ke-104 Kota Madiun.

Melon merupakan tanaman yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah melon yang dapat dipanen 3 kali dalam setahun juga menjadi sandaran ekonomi rakyat di daerah sekitar Kota Madiun. 

Berdasarkan data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik, Provinsi Jawa Timur merupakan penghasil buah melon terbesar di Indonesia dengan produksi pada tahun 2021 tercatat mencapai 68.527 ton.

(BACA JUGA:120 Personel Polisi Siap Amankan Kedatangan Jenazah Eril di Bandara Soetta)

(BACA JUGA:Jenazah Eril Tiba Hari ini, Ridwan Kamil Persilahkan Masyarakat Takziah Malam Ini Jam 22.00 - 08.00 WIB Besok)

Ngrowo Bening Edu Park yang menjadi lokasi acara panen buah golden melon merupakan bekas lahan tidur yang sebelumnya berupa rawa-rawa. 

Pada lahan dengan luas kurang lebih 10 hektar ini, ditanam berbagai jenis hortikultura dalam golongan olerikultura (sayur- sayuran), florikultura (hias), dan frutikultura (buah-buahan). 

Penanaman golden melon sendiri telah menggunakan sistem pertanian yang modern dengan menggunakan green house yang dapat menampung sekitar 1.800 pohon melon.

Selain melakukan kegiatan panen melon, Pemerintah Kota Madiun juga memperkenalkan produk olahan dari tanaman porang yang dapat menjadi alternatif pangan bagi rakyat. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: