Polisi Ungkap Penyebab Bus PO Haryanto Terbakar di Sleman, 10 Penumpang Dipastikan Selamat

Polisi Ungkap Penyebab Bus PO Haryanto Terbakar di Sleman, 10 Penumpang Dipastikan Selamat

Polisi Ungkap Penyebab Bus PO Haryanto Terbakar di Sleman-(Dokumen Istimewa)-

FIN.CO.ID - Satlantas Polresta Sleman, mengubgkap penyebab terbakarnya bus PO Haryanto di jalan Ring Road Barat, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman.

Kanit Gakkum Satlantas Polresta Sleman, Iptu Catur Bowo Laksono, mengatakan, diduga bus PO Haryanto terbakar karena terjadi korsleting listrik di bagian freon AC.

“Menurut keterangan dari driver memang sudah ada indikasi korsleting dari saluran freon AC," kata Catur Bowo Laksono, Kamis 18 April 2024.

Percikap api yang timbul dari korsleting listrik tersebut, memicu kepulan asap dari bagian mesin bus PO Haryanto yang sedang melayani perjalan menuju Pati tetsebut.

"Menimbulkan percikan, terus mulai mengepul asap, menyambar ke depan dari belakang ke depan,” jelasnya.

Menurutnya, seluruh penumpang dipastikan selamat namun diperkirakan kerugian kebakaran bus PO Haryanto mencapai ratusan juta rupiah.

BACA JUGA :

"Kerugian sekira Rp 460 juta. Semua penumpang bus selamat, tidak mengalami luka," ucapnya.

Diketahui sebelumnya bus PO Haryanto berpelat nomor K 7098 OB terbakar di Jalan Ring Road Barat, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, sekitar pukul 06.30 WIB.

Bus tujuan Pati itu melintas dari arah barat menuju arah utara di Jalan Siliwangi, lalu berhenti di simpang empat Demak Ijo dan mulai muncul kepulan asap dari bagian mesin.

Melihat asap sudah mengepul hitam dari mesin, pengemudi bus PO Haryanto langsung menghentikan laju kendaraan dan melakukan pemadaman secara manual.

Penumpang di dalam bus langsung di evakuasi oleh pengemudi untuk menjauh, sehingga seluruh penumpang PO Haryanto selamat.

Tercatat 8 penumpang orang dewasa, 2 anak, 1 sopir, dan 1 kernet selamat dalam kebakaran tersebut, lalu petugas Pemadam Kebakaran datang untuk melakukan pemadaman api.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: