Imlek Datang, Ingat Gus Dur

Imlek Datang, Ingat Gus Dur

Imlek Datang, Ingat Gus Dur-fin/diolah-

Biasanya pada perayaan Imlek digunakan sebagai momen berkumpul bersama keluarga dan rekan. 

Mereka merayakan bersama dan saling mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Nah, apa sih yang biasanya diucapkan saat tahun baru Imlek? 

BACA JUGA:

Berikut 7 Ucapan Imlek 2024 Paling Populer

  1. Gong Xi Fa Cai 
    Gong Xi Fa Cai memiliki arti "Semoga Anda sejahtera di tahun yang akan datang". Sedangkan terjemahannya dalam bahasa Kanton adalah "Semoga Anda bahagia dan sejahtera"
  2. Xin Nian Kuai Le
    Xin nian kuai le merupakan ucapan yang memiliki makna "Selamat tahun baru".
  3. Wan Shi Ru Yi
    Wan shi ru yi memiliki makna "semoga segala hal sesuai harapan", atau "semoga mimpi atau harapanmu terpenuhi".
  4. Nian Nian You Yu
    Nian nian you yu dapat diucapkan pada hari raya Imlek ini memiliki makna "Semoga setiap tahun ada sisa", "semoga makin makmur dan sejahtera", dan "semoga kemakmuran datang kepadamu setiap tahun".
  5. Shen Ti Jian Kang
    Shen ti jian kang secara makna memiliki arti semoga memiliki tubuh sehat. Ungkapan ini memiliki arti "semoga tubuh selalu sehat".
  6. Xin Nian Jin Bu
    Xin nian jin bu memiliki makna "semoga mendapat kemajuan pada tahun ini", dan "semoga mendapat kemajuan dalam segala aspek kehidupan".
  7. Sui Sui Ping An
    Sui sui ping an memiliki makna "semoga terhindar dari segala celaka dan marabahaya", dan "semoga selalu damai dan aman".

BACA JUGA:


Imlek 2024, Ini Arti Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile-fin/pngtree-

Arti Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile

Pada Sabtu, 10 Februari 2024 mendatang, masyarakat Tionghoa merayakan Imlek. Salah satu ucapan yang paling terkenal adalah Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile. Tahu apa artinya?

Ucapan Imlek Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile ini sering didengar saat datangnya tahun baru China.

Dalam Bahasa Indonesia Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile artinya selamat tahun baru, semoga mendapatkan kebahagiaan, keberhasilan, kemakmuran, dan menghasilkan lebih banyak uang atau keuntungan.

Gong Xi artinya selamat. Sedangkan Fa Cai artinya kemakmuran, keberhasilan, keberuntungan. Atau bisa juga diartinya menghasilkan lebih banyak uang. 

Sementara Xin Nian Kuaile, terdiri dari kata Xin Nian. Artinya tahun baru. Sedangkan Kuaile artinya bahagia. 

Sehingga Xin Nian Kuaile berarti selamat tahun baru semoga berbahagia. Namun, masyarakat Tionghoa lebih sering menggunakan kalimat Xin Nian Kuaile untuk memberikan ucapan selamat tahun baru Imlek, dibandingkan Gong Xi Fa Cai.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: