China Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

China Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

ilustrasi konflik palestina dan israel --istimewa

FIN.CO.ID - China mendukung Palestina dapat menjadi anggota penuh di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

"Kami mendukung pengakuan Palestina menjadi anggota penuh PBB dan menyerukan kepada masing-masing anggota Dewan Keamanan PBB untuk menahan diri dari agar tidak menghambat dalam mencapai tujuan tersebut," kata  kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi,  Kamis 7 Mar4et 2024. 

Diketahui, konflik Palestina-Israel yang telah berlangsung sejak 7 Oktober 2023 dan menewaskan lebih dari 30.600 warga Palestina dan mencederai lebih dari 72.000 orang lainnya.

"Kami mengusulkan untuk mengadakan konferensi perdamaian internasional yang lebih besar, lebih berwibawa dan efektif untuk menyusun peta jalan dan jadwal penerapan solusi dua negara," jelasnya. 

BACA JUGA:

China, dengan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk memulihkan hak-haknya serta berkomitmen pada penyelesaian masalah Palestina secara komprehensif, adil, dan jangka panjang.

"Bencana di Gaza mengingatkan dunia bahwa wilayah Palestina telah lama diduduki dan tidak dapat lagi diabaikan," papar Wang.

Hanya dengan mengembalikan keadilan kepada rakyat Palestina dan menerapkan "solusi dua negara" secara komprehensif, lingkaran setan konflik Palestina-Israel dapat diselesaikan.

"Sekaligus menghilangkan secara fundamental landasan munculnya berbagai ideologi ekstremis dan benar-benar mencapai perdamaian abadi di Timur Tengah," terangnya. 

Wang menyebut konflik jangka panjang Israel-Palestina telah menjatuhkan 100.000 korban di kalangan rakyat sipil dan banyak orang tak berdosa terkubur di bawah reruntuhan.

"Masyarakat Gaza mempunyai hak untuk hidup di dunia ini, termasuk perempuan serta anak-anak. Semua tekanan atas warga Gaza harus dihilangkan dan semua tindakan yang merugikan warga sipil harus dihentikan," pungkasnya.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: