Respon Wapres Ma'ruf Amin Beri Salam 3 Jari, JK Singgung Nama Jokowi

Respon Wapres Ma'ruf Amin Beri Salam 3 Jari, JK Singgung Nama Jokowi

Wapres Ma'ruf Amin pada HUT PDI Perjuangan ke-51--

FIN.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menunjukkan salam metal atau salam tiga jari dalam sesi foto di penghujung acara HUT ke-51 PDI Perjuangan, bersama-sama dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan jajaran pengurus.

Menanggapi hal tersebut, Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) menyebut bukan hal besar dan sah-sah saja dilakukan Mar'uf Amin sebagai warga negara.

"Terserah dia sebagai warga negara boleh-boleh aja," katanya di Kediamannya di Jalan Brawijaya VI, Jakarta, Rabu, 10 Januari 2024.

Diungkapkan JK, Ma'ruf mempunyai hak menentukan pilihannya kepada capres yang ada sambil menyinggung nama Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Mau satu, mau dua, mau tiga, terserah Pak Ma'ruf lah," ucapnya.

"Ya enggak apa apa juga, karena Pak Jokowi juga begitu kan," imbuhnya.

BACA JUGA:

Namun, JK tak menjelaskan maksud dari menyebut nama Jokowi saat merespons isu tersebut. 

Wapres Ma'ruf Amin Netral di Pemilu 2024

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dipastikan netral dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Kepastian tersebut disampaikan juru bicara Wapres, Masduki Baidowi terkait salam tiga jari yang dilakukan Wapres Ma'ruf Amin saat menghadiri acara HUT Ke-51 PDI Perjuangan di Jakarta, Rabu.

"Wapres KH Ma’ruf Amin, konsisten mengambil posisi netral dalam kontestasi Pilpres 2024, seperti sering disampaikan dalam berbagai kesempatan. Netralitas itulah yang menjadi salah satu alasan Wapres hadir dalam acara HUT PDIP, juga HUT parpol yang lain," kata Masduki dalam keterangan di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2024.

Masduki menekankan terkait salam metal tiga jari yang ditunjukkan Wapres pada saat menghadiri HUT PDI Perjuangan, seharusnya tidak dipersepsikan Wapres mendukung pasangan capres-cawapres tertentu dalam kontestasi Pilpres saat ini.

BACA JUGA:

"Salam metal (tiga jari) tersebut murni salam keakraban, menghargai HUT PDIP. Salam tersebut sudah lama dipakai PDIP. Metal menunjukkan akronim merah total, sebagai warna bendera partai," kata Masduki.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: