Jokowi Siapkan Program Prabowo-Gibran Masuk RKP 2025

Jokowi Siapkan Program Prabowo-Gibran Masuk RKP 2025

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto--Instagram

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan masuknya program-program unggulan presiden dan wakil presiden terpilih 2024. Program-program tersebut akan masuk dalam  Rencana Kerja Pemerintah dan RAPBN 2025. 

"Presiden akan mendukung dan menyiapkan masuknya program-program unggulan presiden dan wakil presiden terpilih dalam RKP dan RAPBN 2025. Termasuk yang bisa segera dieksekusi usai 20 Oktober 2024, setelah Presiden-Wakil Presiden Terpilih dilantik," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, di Jakarta Kamis, 25 April 2024. 

Dukungan dari Presiden Jokowi bermakna semangat untuk mengawal keberlanjutan pembangunan. Utamanya, dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju. 

"Semangatnya adalah mengawal keberlanjutan pembangunan untuk mewujudkan Indonesia Maju. Di mana diketahui, telah diletakkan fondasinya oleh Presiden Jokowi," ujar Ari.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pihaknya memfasilitasi ruang fiskal dalam postur RAPBN 2025. Sehingga memungkinkan program Prabowo-Gibran dapat berjalan. 

BACA JUGA:

"Prinsipnya adalah memberikan ruang fiskal bagi kemungkinan program tersebut untuk dijalankan," kata Sri Mulyani. Salah satu program yang ingin segera terealisasi yaitu program makan siang gratis. 

Menkeu mengatakan, makan siang gratis masuk dalam kriteria program yang membutuhkan pagu anggaran besar. Bahkan, masuk dalam fokus kebijakan fiskal pada 2025. 

Meski demikian, Menkeu memastikan pembahasan RAPBN 2025 harus dalam postur yang terjaga. Terlebih dalam batas toleransi defisit berada di bawah tiga persen. 

Sementara, RKP 2025 disusun dengan perhitungan transisi kepemimpinan dari presiden dan kabinet saat ini dengan yang akan datang. Hal ini, lanjut Menkeu, karena berkaitan dengan masa transisi, maka RKP 2025 disusun menggunakan metode khusus, yaitu pendekatan teknokratik.

Pendekatan tersebut mengikuti pola rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045. Rancangan awal RKP 2025 akan diperbarui hingga Juni 2024 sesuai program dan janji presiden-wakil presiden terpilih. 

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: