Jokowi Siapkan Proses Transisi Pemerintahan Baru Prabowo-Gibran

Jokowi Siapkan Proses Transisi Pemerintahan Baru Prabowo-Gibran

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto--Instagram

FIN.CO.ID - Presideen Joko Widodo (Jokowi) akan memulai menyiapkan transisi kepada pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran. 

Ini dilakukan Jokowi menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024. 

"Pemerintah mendukung proses transisi dari pemerintahan sekarang ke nanti pemerintahan baru. Akan kita siapkan karena sekarang MK sudah memutus. Tinggal nanti penetapan oleh KPU besok," kata Jokowi, Selasa, 23 April 2024.

Dengan adanya putusan tersebut, Jokowi mengajak semua pihak untuk bersatu kembali demi membangun Indonesia. 

"Karena faktor eksternal geopolitik betul-betul menekan ke semua negara, saatnya bersatu, bekerja, membangun negara kita," imbuhnya.

Menurutnya, pemerintah menghormati putusan MK. Selain itu, menurutnya putusan ini juga penting karena membuktikan segala tuduhan kepada pemerintah terkait Pemilu 2024 tidak terbukti.

BACA JUGA:

"Seperti kecurangan, intervensi aparat, kemudian politisasi bansos, kemudian mobilisasi aparat, ketidaknetralan kepala daerah, telah dinyatakan tidak terbukti. Ini yang penting bagi pemerintah, ini," terangnya.

Hal senada disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana. Menurutnya, pemerintah segera menyiapkan transisi pemerintahan kepada presiden dan wakil presiden terpilih.

"Pemerintah akan segera menyiapkan dan mendukung penuh proses transisi pemerintahan kepada presiden dan wakil presiden terpilih," ujar Ari.

Dikatakan, Presiden Jokowi selaku Kepala Pemerintahan tentu menghormati putusan MK. Dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 yang bersifat final dan mengikat. 

Selain menyiapkan transisi, pemerintah juga tetap berkomitmen menyelesaikan seluruh program kerjanya. Karena program kerja tersebut telah dicanangkan untuk diselesaikan hingga akhir masa pemerintahan pada bulan Oktober 2024 mendatang. 

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: