Hari ini Jokowi Lantik Menantu Luhut, Maruli Simanjuntak Sebagai KASAD

Hari ini Jokowi Lantik Menantu Luhut, Maruli Simanjuntak Sebagai KASAD

Maruli Simanjunatk-Ist-

FIN.CO.ID- Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari akan melantik Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) di Istana Negara, Jakarta, Rabu 29 November 2023.

Maruli Simanjuntak akan menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI.

"Hari ini, tepatnya Rabu, 29 November 2023, pukul 14.00 WIB, dijadwalkan pelantikan kepala Staf TNI Angkatan Darat oleh Presiden (Jokowi) di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu 29 November 2023.

BACA JUGA:


Letjen TNI Maruli Simanjuntak --

Ari tidak menyebut siapa yang akan dilantik menjadi kasad baru, tetapi dia mengatakan pejabat yang akan dilantik pada hari ini hanyalah KSAD. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, nama yang akan mengisi kursi kasad adalah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak

​​​​​Kabar pelantikan KSAD juga disampaikan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, di Jakarta, Selasa malam. "Ya. Insyaallah siang," kata Meutya.

Dalam kesempatan terpisah Presiden Joko Widodo juga membenarkan bahwa Maruli Simanjuntak merupakan salah satu kandidat Kasad.

BACA JUGA:


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyematkan tanda pangkat kepada KSAD TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). -Yashinta Difa-ANTARA

"Salah satu kandidat (Maruli Simanjuntak)," kata Joko Widodo belum lama ini.

Sebelumnya, pengamat militer Alman Helvas Ali mengatakan, Maruli cenderung menjadi kandidat kuat sebagai KSAD karena dia pernah bertugas sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), yang mengawal kegiatan Presiden RI.

Setelah jabatan itu, Maruli dipromosikan menjadi Danrem di Solo, yang merupakan kampung halaman Joko Widodo, kemudian menjadi Wakil Komandan Paspampres sebelum ditunjuk menjadi Danpaspampres. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: