Sah, Jenderal TNI Agus Subiyanto Jabat Panglima TNI Gantikan Laksamana Yudo Margono

Sah, Jenderal TNI Agus Subiyanto Jabat Panglima TNI Gantikan Laksamana Yudo Margono

Jenderal Agus Subiyanto--Instagram

FIN.CO.ID - Jenderal TNI Agus Subiyanto telah sah menjabat Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Jenderal Agus Subiyanto resmi menjabat Panglima TNI usai dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 22 November 2023.

Dipandu oleh Presiden Jokowi, Jenderal Agus mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Agus.

BACA JUGA:

Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Janji Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyatakan visi TNI Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif (PRIMA), salah satunya ditempuh melalui penggunaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan dalam negeri.

"Saya akan melanjutkan program-program Panglima TNI yang lalu dan sesuai visi misi saat fit and proper test saya, yakni TNI yang PRIMA," katanya usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta.

Ia mengatakan TNI yang profesional diwujudkan dengan memastikan para prajurit terlatih dengan baik (well-trained) yang dilengkapi alutsista modern (well-equipped) buatan dalam negeri.

Misi well-equipped ditempuh dengan menggandeng industri pertahanan di dalam negeri, PT Pindad, untuk perlengkapan perorangan dan satuan TNI seperti kebutuhan senjata, drone, hingga mereorganisasi satuan-satuan drone dan satuan siber sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis yang sekarang terjadi.

Ia mengatakan gabungan prajurit Komando Pasukan Khusus dan perwakilan penembak terbaik dari TNI mengikuti ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) 2023 di Thailand menggunakan senjata buatan Pindad.

BACA JUGA:

"Alhamdulilah dengan menggunakan senjata yang dibuat oleh Pindad, AARM di Thailand yang sedang berlangsung dan kemarin personel TNI bisa meraih juara 1," katanya.

Sedangkan untuk kebutuhan pesawat tanpa awak atau drone, kata Agus melanjutkan, akan dihimpun melalui pengadaan industri dalam negeri, PT Len.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: