Sepak Terjang Nawawi Pomolango Sebelum Jadi Ketua KPK Sementara: Penjarakan Hakim MA, Eks Ketua DPD Hingga Presiden PKS

Sepak Terjang Nawawi Pomolango Sebelum Jadi Ketua KPK Sementara: Penjarakan Hakim MA, Eks Ketua DPD Hingga Presiden PKS

Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango di Gedung DPR-RI-ANTARA/Aditya Putra-

BACA JUGA:

Kemudian pada 2019, Nawawi terpilih sebagai salah satu Pimpinan KPK baru yang bertugas memimpin KPK untuk masa bakti 2019-2023, sebagai Wakil Ketua KPK.

Nawawi Ketua KPK Sementara Gantikan Firli Bahuri


Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango-Istimewa-

Setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo,  Firli Bahuri kini resmi dicopot sementara dari jabatannya sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Selain memberhentikan sementara Firli Bahuri, Jokowi juga menunjuk Nawawi Pomolango sebagai ketua sementara KPK. 

Informasi soal dicopotnya Firli Bahuri dan pengangkatan Nawawi Pomolango sebagai ketua Sementara KPK diterima dari Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat kepada wartawan, Jumat 24 November 2023 malam. 

BACA JUGA:

Pemberhentian sementara Firli Bahuri dan penunjukan Nawawi tersebut disahkan melalui surat Keputusan Presiden (Keppres) yang informasinya sudah ditandatangani Jokowi. 

"Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK," ujar Ari. 

Menurut Ari, keppres itu ditandatangani oleh Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat 24 November 2023 malam,  setibanya Jokowi dari kunjungan kerja ke Kalimantan Barat. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: