'Dosa-Dosa' Siman Bahar Alias Bong Kin Phin: Palsukan Impor Emas 3.5 Ton Rp 189 Triliun, Ngakali SPT Pajak, Hingga Transaksi Jumbo

'Dosa-Dosa' Siman Bahar Alias Bong Kin Phin: Palsukan Impor Emas 3.5 Ton Rp 189 Triliun, Ngakali SPT Pajak, Hingga Transaksi Jumbo

'Dosa-Dosa' Siman Bahar Alias Bong Kin Phin: Palsukan Impor Emas 3.5 Ton Rp 189 Triliun, Ngakali SPT Pajak, Hingga Transaksi Jumbo-fin/ist-

Tetapi, dalam laporan SPT kurun waktu 2017-2019, nilai yang dilaporkan lebih sedikit. Yaitu Rp11,56 triliun. 

Dugaan adanya pengemplangan atau mengakali pajak Siman Bahar ini juga disoroti Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

BACA JUGA:

Menurut Sri Mulyani pihaknya akan tetap mengejar nilai pajak yang tidak dibayarkan oleh Siman Bahar.

Hal yang sama juga terjadi pada PT IKS yang juga milik Siman Bahar. PPATK mengungkap ada transaksi Rp4,8 triliun selama periode 2018-2019. Namun, SPT yang dilaporkan hanya Rp3,5 triliun.

Selain itu, Sri Mulyani juga menyoroti Siman Bahar yang diduga kuat memiliki transaksi jumbo hingga triliunan rupiah selama periode 2017-2019.

"Figurnya inisial SB. Dalam data PPATK disebutkan omzetnya mencapai Rp 8,247 triliun. Data dari SPT pajak adalah Rp9,68 triliun. Lebih besar di pajak daripada yang diberikan oleh PPATK,” kata Sri Mulyani pada Maret 2023 lalu.

BACA JUGA:

Siman Bahar Crazy Rich Pontianak

Siman Bahar (SB) alias Bong Kin Phin adalah Direktur Utama PT Loco Montrado (LM), perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan pengolahan mineral. 

Siman Bahar lahir di Sungailiat, Bangka Belitung, pada 1967. Dia memulai karirnya sebagai pengusaha di bidang pertambangan timah pada tahun 1990-an. 

Selanjutnya, dia mendirikan PT Loco Montrado pada tahun 2000. Seiring dengan berkembangnya perusahaan, Siman Bahar melebarkan bisnisnya ke bidang pengolahan mineral. Seperti anoda logam dan nikel.

Siman Bahar juga dijuluki Crazy Rich Pontianak. Ini karena Siman Bahar punya banyak bisnis. 

Di antaranya, Siman Bahar diketahui memiliki bisnis pergudangan, dermaga bongkar muat barang, money changer dan perhotelan. 

BACA JUGA:

Terkait perhotelan, Siman Bakar merupakan pemegang saham di Hotel Golden Tulip Pontianak.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: