'Dosa-Dosa' Siman Bahar Alias Bong Kin Phin: Palsukan Impor Emas 3.5 Ton Rp 189 Triliun, Ngakali SPT Pajak, Hingga Transaksi Jumbo

'Dosa-Dosa' Siman Bahar Alias Bong Kin Phin: Palsukan Impor Emas 3.5 Ton Rp 189 Triliun, Ngakali SPT Pajak, Hingga Transaksi Jumbo

'Dosa-Dosa' Siman Bahar Alias Bong Kin Phin: Palsukan Impor Emas 3.5 Ton Rp 189 Triliun, Ngakali SPT Pajak, Hingga Transaksi Jumbo-fin/ist-

Diketahui, Hotel Golden Tulip Pontianak merupakan Hotel berstandar international yang bekerja sama dengan jaringan Louvre Hotels, grup hotel terbesar kedua di Eropa. Louvre Hotels adalah afiliasi dari Groupe du Louvre yang berbasis di Paris, Perancis.

Selain hotel, Siman Bahar juga memiliki bisnis money changer atau penukaran mata uang asing.

Informasi dari PPATK, bisnis Simar Bahar ini kerap bermasalah. Dia diduga juga mengoperasikan sejumlah perusahaan cangkang. 

Bahkan, disebut-sebut konon Siman Bahar juga terlibat pembelian Pegasus yang sempat diviralkan oleh Indonesia Leak. Hingga kini hal tersebut belum terkonfirmasi. Sebab, salah satu bosnya bernama Heryanto diduga kabur ke Australia.

BACA JUGA:

Selama ini, Siman Bahar dikenal sebagai pengusaha yang sukses dan berpengaruh. Dia memiliki jaringan yang luas di dunia pertambangan dan bisnis. Siman Bahar juga merupakan anggota aktif dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Pada tahun 2021 Siman Bahar penah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi kerja sama pengolahan anoda logam antara PT Antam Tbk dengan PT Loco Montrado. 

Namun, status tersangka itu gugur seiring dikabulkannya Praperadilan Siman oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Saat itu, PN Jakarta Selatan menyatakan penetapan tersangka terhadap Siman Bahar oleh KPK berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: Sprin.Dik/40/DIK.00/01/08/2021 tanggal 19 Agustus 2021 Jo Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) tanggal 23 Agustus 2021 tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum.

Kemudian pada Juni 2023, Siman Bahar kembali ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi kerja sama pengolahan anoda logam antara PT Antam Tbk dengan PT Loco Montrado. 


Siman Bahar Alias Bong Kin Phin Crazy Rich Pontianak, Bos PT Loco Montrado terkait impor emas 3.5 Ton Rp 189 Triliun-fin/diolah-

BACA JUGA:

Profil Siman Bahar (SB) Alias Bong Kin Phin 

Nama: 

Siman Bahar (SB)

Alias: 

Bong Kin Phin

Lahir: 

Sungailiat, Bangka Belitung, 1967

Domisili:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: