MAKI: Klaim Tambang Emas Lukas Enembe Hoaks

MAKI: Klaim Tambang Emas Lukas Enembe Hoaks

Gubernur Papua Lukas Enembe-ist-sindonews

JAKARTA, FIN.CO.ID - Klaim Gubernur Papua Lukas Enembe soal asal-usul harta kekayaannya berasal dari hasil tambang emas di Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua dimentahkan oleh Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI).

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menegaskan dari hasil risetnya di wilayah tidak ditemukan tambang emas.

BACA JUGA:Ada Opini Hindari Pemeriksaan, Ini Harapan KPK ke Lukas Enembe

"Di Mamit Tolikara tidak ada tambang emas sebagaimana diklaim oleh lawyer Lukas Enembe. Sehingga klaim asal kekayaan Lukas Enembe berasal dari tambang emas adalah hoaks," kata Boyamin melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 30 September 2022. 

Menurut Boyamin, fakta tersebut dapat ditelusuri dari website Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atau Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Dari website tersebut tidak ditemukan izin-izin terkait tambang emas di Mamit Tolikara. Dengan tidak ada izin-izin tersebut maka dapat dipastikan tidak ada penambangan secara legal. Jika ada penambangan oleh pihak Lukas Enembe, maka dapat dinyatakan ilegal yang melanggar UU Minerba. Sehingga urusannya akan menjadi lain. Hasilnya dapat disita oleh negara," imbuhnya.

Boyamin lantas mempertanyakan asal-usul harta kekayaan Lukas Enembe. 

BACA JUGA:Mahfud MD Beri Jaminan Pada Lukas Enembe, Syaratnya...

MAKI justru mempertanyakan darimana asal kekayaan Lukas Enembe. Termasuk yang diduga sebagian digunakan untuk bermain judi di Singapura, Malaysia dan Filipina. 

"MAKI mendesak Lukas Enembe segera memenuhi panggilan KPK untuk menjelaskan semua asal-usul kekayaannya. Sehingga perkara dugaan korupsinya menjadi terang benderang. Karena patut diduga kekayaan Lukas Enembe bukan dari tambang. Tetapi dari sumber lain," papar Boyamin.

Diketahui, klaim kepemilikan tambang emas di Mamit, Tolikara kali pertama diungkapkan oleh Stefanus Roy Rening. Dia mengaku mendapat informasi langsung dari Lukas Enembe.

Kuasa hukum menyebut pengurusan izin pertambangan tersebut masih dalam proses.

BACA JUGA:Siapkan 1.800 Personel, Kapolri: Siap Bantu KPK Proses Lukas Enembe

"Bapak punya tambang tidak? sendiri di kampung? 'Oh, saya punya di kampung ya di Tolikara di Mamit itu sedang dalam proses'," ucap Roy Rening saat jumpa pers di Gedung Penghubung Pemerintah Provinsi Papua di Jakarta Selatan, Senin (26/9).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: