Sandra Dewi Diperiksa Sebagai Saksi Korupsi Timah, MAKI Singgung Nama Eddies Adelia yang Jadi Tersangka Kasus Penipuan Suami

Sandra Dewi Diperiksa Sebagai Saksi Korupsi Timah, MAKI Singgung Nama Eddies Adelia yang Jadi Tersangka Kasus Penipuan Suami

Sandra Dewi usai diperiksa penyidik kejaksaan di gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2024). -Walda Marison-ANTARA

FIN.CO.ID - Sandra Dewi diperiksa penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai saksi dalam kasus korupsi timah yang menjerat sang suami, Harvey Moeis.

Mengomentari pemeriksaan Sandra Dewi, Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengapesiasi langkah penyidik Kejagung.

Dikatakannya, memang sudah seharusnya Sandra Dewi Diperiksa penyidik.

"Sudah seharusnya dan semestinya penyidik Kejaksaan Agung memanggil Sandra Dewi karena biar bagaimanapun dia istri Harvey Moeis yang sekarang sudah jadi tersangka," katanya, Jumat, 5 April 2024.

Menurut Boyamin, Sandra Dewi sudah pasti mengetahui aliran uang panas yang dihasilkan Harvey Moeis. 

Selain itu, Sandra Dewi juga dipastikan mengetahui aset apa saja yang telah dibeli Harvey dengan uang tersebut.

Uang haram itu bahkan sempat dipakai Harvey untuk membelikan Sandra Dewi beberapa unit mobil.

BACA JUGA:

"Berdasarkan catatan media sosial pernah dapat hadiah mobil Rolls-Royce, Mini Cooper dan bahkan hadiah private jet atau jet pribadi yang nilainya saya yakin mahal," katanya.

Menurutnya, Penyidik Kejagung harusnya bisa menyita atau memblokir seluruh uang atau harta yang mengalir ke Sandra Dewi.

Boyamin menilai jaksa bisa menjerat Sandra Dewi sebagai tersangka jika dia mengetahui tindakan korupsi yang dilakukan suaminya atau ikut membantu melakukan pencucian uang.

Bonyamin memberi contoh kasus Eddies Adelia yang ditetapkan tersangka oelh Polda Metro Jaya dalam kasus penipuan yang dilakukan suaminya, Ferry Ludwankara Setiawan.

Namun, untuk menentukan Sandra Dewi sebagai tersangka, Jaksa, harus mempunya bukti apakah Sandra Dewi tahu asal usul uang tersebut dan apa pekerjaan yang dilakukan suaminya.

Namun, Sandra Dewi hanya akan menjadi saksi jika terbukti tidak mengetahui tindakan korupsi yang dilakukan Harvey Moeis.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: