Jokowi Sebut Tjahjo Kumolo sebagai Sahabat: Selamat Jalan, Semoga Amal Ibadah Almarhum Diterima Allah SWT

Jokowi Sebut Tjahjo Kumolo sebagai Sahabat: Selamat Jalan, Semoga Amal Ibadah Almarhum Diterima Allah SWT

Presiden Jokowi mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Tjahjo Kumolo-Sekretariat Presiden-Youtube

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

"Saya atas nama pribadi, keluarga, bangsa, dan negara menyampaikan dukacita mendalam atas berpulangnya saudara kita, sahabat kita, Bapak Tjahjo Kumulo. Semoga almarhum Pak Tjahjo mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin ya rabbal ‘aalamiin," kata Presiden Jokowi seperti dikutip FIN dari chanel Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

(BACA JUGA:Menpan RB Tjahjo Kumolo Dimakamkan Secara Militer di TMP Kalibata)

Ucapan bela sungkawa itu disampaikan Jokowi di sela-sela kunjungannya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Di Abu Dhabi, Jokowi untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan.

“Saya tengah berada dalam lawatan di luar negeri ketika mendengar kabar duka dari Tanah Air bahwa Bapak Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah di Jakarta pada hari Jumat pukul 11.10 WIB. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun,” terang Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengenang Tjahjo Kumolo sebagai seorang tokoh pemuda, politisi, yang berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

(BACA JUGA:Sampaikan Bela Sungkawa, Begini Sosok Tjahjo Kumolo di Mata Jokowi)

“Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya kuat dan tabah,” papar Jokowi.

Diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pukul 11.10 WIB, Jumat. 

Tjahjo Kumolo menghembuskan napas terakhir setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni 2022 lalu.

Jenazah Tjahjo Kumolo telah dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat, 1 Juli 2022, pukul 17.35 WIB.

(BACA JUGA:Dengar Tjahjo Kumolo Meninggal, Sri Mulyani Tulis Kalimat Duka, Ini Isinya)

Bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: