Investasi

Calon Investor Wajib Tahu, Ini Perbedaan Saham Dengan Reksadana

fin.co.id - 2023-03-17 19:41:54 WIB

Ilustrasi pergerakan saham IHSG. FOTO: Pexels

Calon Investor Wajib Tahu, Ini Perbedaan Saham Dengan Reksadana - Anda yang baru akan memulai untuk berinvestasi, ada baiknya membaca literasi mengenai investasi. 

Paling dasar adalah, Anda harus tahu apa perbedaan antara Saham dengan Reksadana. Keduanya sama-sama portofolio investasi, mirip, namun berbeda. 

BACA JUGA: Fokus Pemulihan Mental dan Fisik, FWD Insurance Rilis Layanan FWD Care Recovery Plan dan FWD Passion Link

BACA JUGA:Apa Itu Supplier, Berikut Penjelasan Lengkap dan Jenis-Jenisnya

Untuk literasi, mari simak artikel ini hingga tuntas, sebab kami akan ulas mengenai perbedaan Saham dengan Reksadana. 

Perbedaan Saham dengan Reksadana penting dipelajari, karena dengan mengetahui perbedaan antara kedua instrumen investasi ini, nantinya bisa membantu mengelola portofolio Anda. 

Ya, anak milenial atau generasi muda saat ini memang sedang gemar berinvestasi di saham maupun reksadana. 

Hal itu bisa dibuktikan dari data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), yang mencatat populasi kalangan muda, yakni yang berusia di bawah 30 tahun, mendominasi jumlah investor pasar modal. 

BACA JUGA: Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif, Begini Cara Mudah dan Anti Ribet

BACA JUGA:Jenis Jenis Koperasi dan Fungsi Koperasi

Generasi muda ini, disebut memenuhi hampir 50 persen dari total populasi investor pasar modal hingga pertengahan November 2020.

Terlebih, pada era pandemi di medio 2020-2022 lalu, ketertarikan anak muda untuk berinvestasi di pasar modal kian naik, seiring dengan literasi yang semakin meningkat di sektor capital market. 

Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI) per 19 November 2020, jumlah investor pasar modal tercatat sebanyak 3,53 juta. Jumlah ini meningkat 42 persen jika dibandingkan dengan data per 31 Desember 2019, yang sebesar 2,48 juta. 

Pemilihan instrumen investasi sendiri, bisa berdasarkan kepribadian, kebutuhan, tujuan keuangan dan kondisi finansial saat ini. 

BACA JUGA: Pengertian Ekspansi: Bentuk, Jenis dan Strategi Terbaik Melakukan Ekspansi

Admin
Penulis