Jangan Ridwan Kamil, Nama-Nama Putra Daerah Ini Layak Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara

Jangan Ridwan Kamil, Nama-Nama Putra Daerah Ini Layak Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ridwal Kamil digadang-gadang menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Namun yang paling cocok untuk mengisi jabatan Kepala Otorita IKN Nusantara adalah putra daerah. 

Anggota Komite III DPD Hasan Basri menyebut Kepala Otorita IKN Nusantara haruslah seseorang yang memiliki kapasitas, kapabilitas luar biasa dan mengetahui detail Pulau Kalimantan. 

(BACA JUGA:Jokowi Sebut Kepala IKN Berlatar Arsitek, Ridwan Kamil: Saya Gak Mau 'Geer')

Dia menilai Kepala Otorita IKN memiliki tugas yang tidak mudah, yakni memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur dalam kurun waktu 2 tahun. 

"Haruslah orang yang luar biasa, karena harus menyelesaikan seluruh masalah pada level yang paling elementer selama 2 tahun. Pemindahan ibu kota itu bukan soal yang gampang, dan harus mengenal Pulau Kalimantan," kata Hasan Basri, Minggu, 23 Januari 2022. 

Senator asal Kalimantan Utara itu menegaskan Kepala Otorita IKN Nusantara harus memiliki dedikasi, kerja keras, dan menghibahkan waktunya untuk memimpin proses persiapan hingga pemindahan ibu kota. 

(BACA JUGA:Warga Kalimantan Timur Tolak IKN, Gubernur: Warga Asli Kaltim Cuma Sedikit, Yang Banyak Itu...)

Karenanya dia mengusulkan jabatan Kepala Otorita IKN Nusantara diisi seorang yang berasal dari pulau Kalimantan. Sebab memiliki pengalaman eksekusi kebijakan praktis di lapangan. 

“Kita usulkan agar kepala Otorita IKN Nusantara, berasal dari putra/putri terbaik Pulau Kalimantan. Jika boleh dari Kalimantan Timur. Karena saat ini banyak putra/putri yang berasal dari Pulau Kalimantan yang mempunyai kapasitas baik,” ujarnya.

"Pulau Kalimantan, tidak kekurangan tokoh-tokoh yang berkualitas nasional. Jangan sampai yang ditunjuk itu orang yang tidak tahu Kaltim itu seperti apa," tegasnya.

Senator asal Kalimantan Utara ini menilai, tokoh yang berasal dari Pulau Kalimantan yang layak memimpin ibu kota negara adalah Wakil Ketua MPR Mahyudin, eks Gubernur Kalbar Cornelis, eks Gubernur Kalteng Teras Narang dan Anggota DPD RI Martin Billah.

“Menurut kami, mereka merupakan sosok yang wawasan kebangsaannya sudah teruji di tingkat nasional. Mereka juga mantan kepala daerah yang sudah cukup paham dan tahu persoalan-persoalan di wilayah IKN,” ujarnya.

“Misalnya seperti Mahyudin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD RI, juga pernah Menjabat sebagai Bupati Kutai Timur, anggota DPR RI, dan juga wakil Ketua MPR RI, serta telah mendapat bintang Mahaputra Naraya dari Presiden Jokowi,” lanjutnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahy

Tentang Penulis

Sumber: