Aturan Ganjil-Genap Jakarta Ditiadakan Sampai 15 April 2024, Keliling Ibu Kota Makin Nyaman

Aturan Ganjil-Genap Jakarta Ditiadakan Sampai 15 April 2024, Keliling Ibu Kota Makin Nyaman

Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan-@tmcpoldametrojaya-x

FIN.CO.ID - Ada kabar baik, pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap di Jakarta ditiadakan mulai Senin 8 April - 15 April 2024.

Kabar ditiadakan sistem ganji-genap tentunya menjadi angin segar bagi pengendara yang selama ini harus menyesuaikan pelat nomor kendaraanya dengan hari saat melintasi jalan tertentu di Jakarta.

Peniadaan ganjil-genap ini diberlakukan dalam rangka libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah. Dengan kebijakan ini, Anda dapat melintasi ruas jalan yang biasanya menerapkan ganjil-genap tanpa perlu khawatir ter kena tilang.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, peniadaan sementara aturan ganjil genap ini berlangsung selama periode libur Lebaran 2024 hingga 15 April 2024.

BACA JUGA:

“Dalam rangka libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah, penerapan ganjil genap atau gage di Jakarta ditiadakan,” ujar Syafrin dalam keterangan resminya, Senin, 8 April 2024. 

“Peniadaan ganjil genap dilakukan mulai 8-15 April 2024,” kata dia.

Lanjutnya, keputusan ini berdasarkan sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 88 Tahun 2019, Pasal 3 ayat 3 tentan Pembatasan Lalu Lintas.

Dishub DKI Jakarta juga mengacu ketentuan di Surat Keputusan (SK) bersama Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Dishub DKI Jakarta menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas ketika berkendara.

BACA JUGA:

Berikut beberapa keuntungan peniadaan ganjil-genap selama periode tersebut:

Mobilitas lebih mudah: Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi Anda kapanpun tanpa harus menyesuaikan dengan aturan ganjil-genap.

Mengurai kemacetan: Potensi penumpukan kendaraan di ruas jalan non-ganjil-genap berkurang, sehingga lalu lintas bisa lebih lancar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: