400 Nelayan Tangerang Dapat Peralatan Tangkap Ikan Dari Pemda Setempat

400 Nelayan Tangerang Dapat Peralatan Tangkap Ikan Dari Pemda Setempat

FIN.CO.ID - Sebanyak 400 nelayan di Kabupaten Tangerang, Banten, mendapat bantuan berbagai peralatan untuk aktivitas perikanan tangkap dari pemerintah daerah setempat, pada Selasa 30 April 2024.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jaenudin mengatakan 400 nelayan tersebut berasal dari 14 kelompok. Yang mana, bantuan yang diberikan berupa mesin kapal 24 PK sebanyak 40 unit, alat tangkap bubu 4.588 unit, jaring rampus 185 unit.

"Cool Boks (wadah pendingin ikan di kapal) 160 unit, Alat bantu pencari ikan (fish finder) 25 unit," katanya dalam keterangan yang diterima FIN.

BACA JUGA:Sekda Kabupaten Tangerang Pikir Dua Kali Untuk Gelar Nobar Lagi: Kita Liat Nanti!

BACA JUGA:Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI yang Dorong Perekonomian Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan

Ia melanjutkan, selain itu Pemkab Tangerang juga memberikan solar kepada 300 nelayan. Yang mana, tiap nelayan mendapat 150 liter solar serta pertalite yang dibagikan kepada 23 nelayan masing-masing 100 liter.

"Pemerintah Kabupaten Tangerang juga memberikan sarana prasarana alat pengolahan ikan khusus berupa kios pemasaran, 4 unit kontainer dan sarana pengolahan 2 sebanyak paket. Bantuan juga diberikan kepada kelompok budidaya ikan berupa 2 unit kolam terpal," ujarnya.

BACA JUGA:Di Hadapan Para Sarjana UKRI, Prabowo Hormat pada Rakyat dari Petani Hingga Nelayan

BACA JUGA:Budisatrio Tegaskan Kesejahteraan Petani dan Nelayan Adalah Tanggungjawab Pemerintah

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid menuturkan, bantuan yang diberikan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

Selain itu juga untuk mendorong produktifitas para nelayan. Mengingat, nelayan merupakan mata pencaharian bagi masyarakat yang ada diwilayah Pantura dan merupakan tulang punggung perekonomian disektor perikanan.

"Nelayan adalah pahlawan pangan yang berjasa dalam menyediakan protein bagi masyarakat. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita membantu mereka untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan dan kesejahteraan mereka," kata dia. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: