Dear Pemudik Mobil, Ini 10 Tips Berkendara Aman Saat Hujan

Dear Pemudik Mobil, Ini 10 Tips Berkendara Aman Saat Hujan

Mengemudi mobil saat hujan deras. Sumber foto: google--

Hujan lebat dapat menyebabkan terbentuknya genangan air di beberapa bagian jalan. Apalagi kalau jalan tersebut memiliki lubang atau ketinggian yang tidak merata. Melalui jalanan seperti ini saat hujan jelas sangat berbahaya untuk keselamatan.

Pasalnya Anda tidak tahu seberapa dalam genangan tersebut. Jadi lebih baik menghindari berkendara di jalan dengan genangan air. Kalau memang harus melaluinya maka berkendaralah dengan kecepatan rendah sehingga kendali kendaraan tetap kuat.

7. Waspadai Aquaplaning

Sistem aquaplaning atau hydroplaning terjadi ketika lapisan air di atas permukaan jalan membuat ban kehilangan cengkeraman dengan jalan. Hal ini dapat menyebabkan kendaraan menjadi tidak stabil.

Untuk menghindari risiko ini, cobalah untuk berkendara dalam kecepatan rendah dan pastikan ban kendaraan berada dalam kondisi baik dengan alur ban yang dalam.

8. Selalu Gunakan Sabuk Pengaman

Terlepas dari kondisi cuaca, menggunakan sabuk pengaman tetap harus dilakukan saat berkendara. Sabuk pengaman merupakan salah satu perangkat keselamatan yang paling efektif dalam melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera serius akibat kecelakaan. Jadi pastikan seluruh penumpang juga mengenakan sabuk pengaman

9. Jangan Sampai Pandangan Terhalang

Pastikan pandangan Anda tidak terhalang. Sebelum berkendara, bersihkan kaca mobil di bagian depan dan kaca bagian belakang dari berbagai debu dan kotoran yang menempel. Ini adalah tips yang paling penting saat Anda mengemudi mobil dalam kondisi hujan deras.

Pastikan karet wiper mobil Anda masih bagus dan wiper berfungsi dengan baik. Kaca mobil yang berembun saat hujan juga menjadi penghalang padangan saat berkendara.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menghidupkan AC (air conditioner) dan mengarahkan ke bagian kaca atau Anda bisa sedikit membuka kaca mobil untuk membuat aliran udara berjalan sehingga ruangan tidak lembab karena embun yang menghalangi pandangan ketika mengemudi.

10. Hindari Rem Mendadak

Tips berkendara selanjutnya adalah menghindari pengereman mendadak. Pengereman mendadak saat hujan deras dapat menyebabkan beberapa bahaya seperti, mobil tergelincir dan kecelakaan beruntun.

Untuk menghindarinya, Anda dapat mengurangi kecepatan saat berkendara di jalan yang basah dan mengerem secara perlahan saat hujan deras.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: